Breaking News:

Pilkada 2020

Bawaslu Ingatkan Kepala Daerah Hingga DPRD Agar Cuti Sebelum Kampanye, Begini Aturannya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya mengeluarkan surat imbauan pelaksanaan kampanye pilkada.

surabaya.tribunnews.com/bobby constantine koloway
Ketua Bawaslu Surabaya, M Agil Akbar 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya mengeluarkan surat imbauan pelaksanaan kampanye pilkada.

Isinya mengingatkan Kepala daerah untuk mengajukan cuti sebelum kampanye.

"Kami mengeluarkan imbauan kepala daerah di Surabaya (Wali Kota dan Wakil Wali Kota). Ini sebagai bentuk antisipasi dari Bawaslu agar tak ada pelanggaran oleh penyelenggara negara," kata Ketua Bawaslu Surabaya, M Agil Akbar kepada SURYA.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (30/9/2020).

Agil menjelaskan, Kepala daerah yang ikut serta dalam kampanye harus memenuhi sejumlah syarat.

"Mereka diperbolehkan, namun tetap dengan syarat," katanya.

Dalam surat imbauan bertanggal 29 September tersebut, Bawaslu Surabaya menyebutkan sejumlah aturannya.

Hal ini mengutip Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2020 Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 4 tahun 2017.

PKPU ini tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Tepatnya, berada pada pasal 63.

Pasal ini berbunyi 'Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, pejabat negara lainnya, atau pejabat daerah dapat ikut kegiatan Kampanye dengan mengajukan izin Kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.'

Izin kampanye diberikan oleh masing-masing instansi yang berwenang. Misalnya, Gubernur atas nama Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri, bagi Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota; hingga Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat atau Pimpinan Fraksi bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved