Breaking News:

Berita Bondowoso

Ajak Peternak Kembangkan Bibit Unggul, Pemkab Bondowoso Gelar Kontes Ternak dengan 4 Kategori

Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) menggelar ajang tahunan kontes ternak.

surya.co.id/danendra kusumawardana
Sapi salah satu perserta kontes ternak digelar Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) Pemkab Bondowoso di Lapangan Sekarputih, Tegalampel, Rabu (30/9/2020). 

SURYA.co.id l Bondowoso - Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) menggelar ajang tahunan kontes ternak.

Acara berlangsung di Lapangan Sekarputih, Tegalampel, Bondowoso tersebut bertujuan mengembangkan ternak sapi, khususnya melalui inseminasi buatan (IB).

Kontes ternak diikuti 40 peserta ini melombakan empat kategori, yakni Kereman, Induk, Pedet Jantan dan Betina. 

Di masa pandemi Covid-19, pihak panitia membatasi jumlah peserta sekaligus pengunjung. Pada 2019, jumlah peserta yang turut memeriahkan acara sekitar 180 orang.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin mengatakan dengan digelarnya acara ini para peternak makin tergugah untuk mengembangkan bibit sapi yang unggul dan berkualitas. Dengan begitu, perekenomian masyarakat akan terkerek naik.

"Dengan dilombakannya ternak maka tentunya para peternak akan tertarik untuk memelihara sapi dan mengembangkannya," katanya, Rabu (30/9).

Salwa melanjutkan, kontes ternak juga sebagai ajang bertukar informasi antar peternak. Tak hanya itu, mereka bisa bertukar wawasan terkait cara mengembangkan sapi lewat Inseminasi Buatan.

"Saling bertukar informasi bisa membuat wawasan peternak semakin luas. Maka, acara ini harus dimanfaatkan dengan baik," terangnya.

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satau daerah yang masuk dalam Program 1.000 Desa Sapi inisiasi Kementerian Peternakan (Kementan).

"Ini harus dipertahankan. Sangat tepat jika Dinas Pertanian dan Peternakan menyelenggarakan kontes ternak ini setiap tahun. Bahkan, kedepan bisa dikembangkan lagi,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bondowoso, Muhammad Halil menyebutkan target program Inseminasi Buatan (IB) pada tahun ini sebanyak 85 ribu ekor. Saat ini, sudah terealisasi 70 ribu ekor.

"Sisanya, akan kami rampungkan hingga akhir tahun," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam kontes ternak para peternak bisa memamerkan hasil Inseminasi Buatan yang sudah dilakukan. Teknik Inseminasi Buatan ini penting untuk meningkatkan potensi genetik yang berkualitas.

"Diharapkan pula bisa mendongkrak pendapatan para peternak dan meningkatkan motivasi petugas pelayanan inseminasi buatan," pungkasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved