Breaking News:

Pilkada 2020

Gakkumdu Pilbup Tuban 2020 : Tiga Paslon Harus Sportif untuk Hindari Efek Hukum

Saat ini telah masuk masa kampanye, yang dimulai 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

surya.co.id/m sudarsono
Rakor jajaran sentra Gakkumdu dalam upaya penanganan Pilkada Tuban 2020 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Ketua Bawaslu Tuban Sullamul Hadi meminta semua pendukung, partai politik dan ketiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati, yang maju di Pilkada 2020 agar bersaing secara profesional dan menjunjung tinggi sikap sportif.

Hal itu bisa ditunjukkan dengan menaati peraturan dan menjauhi berbagai bentuk kecurangan, termasuk politik uang dan kampanye yang mengandung SARA.

Mengingat saat ini telah masuk masa kampanye, yang dimulai 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

"Ketiga paslon harus mengedepankan sikap profesional dan sportif, agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya membuat efek hukum," jelas Sullamul Hadi saat menggelar rapat koordinasi bersama jajaran anggota Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Tuban, di Mapolres Tuban, Selasa, (29/9/2020).

Gus Hadi sapaan akrab Ketua Bawaslu menyatakan, Gakkumdu akan siap menjamin kepastian hukum kepada peserta pemilu terhadap terjadinya tindak pidana pemilu yang dilakukan.

Semua pihak diminta ikut menjaga pelaksanaan Pilkada ini agar berjalan secara sehat, jangan ada saling hasut dan kampanye hitam.

"Semua harus bisa ikut menjaga Pilkada Tuban, untuk menciptakan pemilu yang sehat dan jurdil," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menyatakan, kegiatan rakor ini bertujuan untuk mensolidkan jajaran anggota sentra Gakkumdu Tuban.

Tujuannya tentu untuk mengawal Pilkada serentak yang sehat dan jujur adil.

"Tindak pidana pemilu butuh penanganan yang cukup ekstra sebab waktu penanganan begitu cepat, oleh karena itu kita gelar rakor," bebernya.

Sekadar diketahui, tiga paslon bupati-wakil bupati Tuban berdasarkan nomor urut yaitu, nomor 1, Khozanah Hidayati-Muhammad Anwar diusung PKB dengan perolehan 16 kursi, lalu NasDem dengan dua kursi dan Hanura satu kursi merapat sebagai partai pendukung. Kemudian Partai Gelora, Perindo dan PSI juga merapat.

Nomor 2, Aditya Halindra Faridzki-Riyadi sebagai Cabup-cawabup pada Pilkada Tuban, diusung Golkar, Demokrat dan PKS, dengan perolehan total 15 kursi.

Nomor 3, Setiajit-Armaya Mangkunegara (Setianegara, red) diusung PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PPP dan PBB dengan total 16 kursi parlemen.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved