Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Pj Bupati Sidoarjo Belum Dapat Persetujuan dari Mendagri

Hingga saat ini Kabupaten Sidoarjo masih dipimpin oleh plh bupati yang dijabat oleh Sekda Kabupaten Sidoarjo

SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim, Jempin Marbun. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa telah mengukuhkan enam orang penjabat sementara untuk enam kabupaten dan kota yang kepala daerahnya mengajukan cuti untuk kampanye Pilkada Serentak 2020.

Namun untuk Kabupaten Sidoarjo, hingga saat ini Khofifah belum melakukan pengukuhan untuk penjabat bupati Sidoarjo. Sehingga, saat ini Kabupaten Sidoarjo masih dipimpin oleh plh bupati yang dijabat oleh Sekda Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim, Jempin Marbun mengatakan, bahwa untuk Sidoarjo memang bukan penjabat sementara.

Karena untuk Kabupaten Sidoarjo kosong, baik untuk bupatinya karena ada sandungan kasus hukum dan untuk wakil bupatinya meninggal dunia.

"Sehingga dibutuhkan untuk penunjukan penjabat bupati, yang tugasnya sampai bupati yang baru dilantik. Saat ini gubernur Khofifah telah mengajukan tiga nama pada Mendagri. Tapi belum dikembalikan ke kami," kata Jempin, Sabtu (26/9/2020).

Sementara dua daerah lain, Ponorogo dan Situbondo tak membutuhkan penjabat sementara maupun penjabat bupati. Karena, meski kepala daerah petahananya maju kembali dalam pilkada serentak, namun ada wakil yang menjabat sebagai pelaksana tugas bupati.

Sementara itu, Khofifah telah mengukuhkan enam pjs kemarin untuk enam daerah yang petahananya cuti kampanye.

Rinciannya, untuk Pjs Bupati Mojokerto dijabat oleh Himawan Estu Bagijo yang kini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur. Kemudian untuk Pjs Bupati Trenggalek dijabat oleh Benny Sampirwanto yang kini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur.

Kemudian untuk Pjs Bupati Malang, dijabat oleh Sjaichul Ghulam yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bakorwil Malang. Sedangkan untuk Pjs Bupati Blitar dijabat oleh Budi Santoso yang saat ini menjabat sebagai Kepala Satpol PP Provinsi Jatim.

Untuk Pjs Wali Kota Blitar, dijabat oleh Jumadi yang saat ini menjabat sebagai Asisten II Setdaprov Jatim dan untuk Pjs Wali Kota Pasuruan dijabat oleh Ardo Sahak yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Setdaprov Jatim.

"Para pjs sudah resmi bekerja mulai hari ini hingga 71 hari ke depan selama masa kampanye," kata Jempin.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved