Breaking News:

Pilkada 2020

Ada ASN Like dan Komentari Poster Paslon, Bawaslu Kota Pasuruan Siap Panggil yang Bersangkutan

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas mengaku memang ada informasi awal terkait hal-hal itu.

surya.co.id/galih lintartika
Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pasuruan berencana memanggil sejumlah oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan.

Pemanggilan ini dilakukan untuk klarifikasi oknum ASN yang diduga kuat melanggar rambu-rambu ASN di tengah masa Pilwali Kota Pasuruan yang sedang berjalan.

Indikasi awal, ada sejumlah ASN yang ikut menyukai dan mengomentari postingan poster untuk mendukung salah satu paslon yang bertarung dalam kontestasi Pilwali Kota Pasuruan di media sosial, baik itu Facebook, Instagram dan lainnya.

Bahkan, dari informasi yang didapatkan, ada oknum ASN di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkot Pasuruan yang secara terang-terangan memposting poster bergambar paslon di akun media sosialnya.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas mengaku memang ada informasi awal terkait hal-hal itu.

Ia menegaskan, Bawaslu akan menindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang ada.

"Prinsipnya, perilaku ASN selama masa proses Pilwali sedang berjalan itu harus dijaga. Salah satunya menyukai, mengomentari, apalagi memposting dan menyatakan dukungan ke salah satu paslon," katanya, Sabtu (26/9/2020).

Dia menjelaskan, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi ASN selama masa pelaksanaan Pilwali dan itu tertuang dalam sejumlah regulasi.

Di antaranya, UU No 5 tahun 2014 tentang ASN, UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikora.

PP No 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN. SE KASN No B-2900/KASN/11/2017 tentang pengawasan netralitas pegawai ASN pada pilkada serentak, dan beberapa regulasi lainnya.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved