Breaking News:

Pilkada 2020

Tiga Pasangan Calon di Pilbup Jember 2020, Komitmen Menolak Tambang Emas Silo

Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember sama-sama bersuara menolak tambang emas.

surya.co.id/sri wahyunik
Tiga pasangan calon kepala daerah Kabupaten Jember saat pengundian nomor urut di Pilkada 2020, Kamis (24/9/2020) malam. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember sama-sama bersuara menolak tambang emas.

Penolakan ini mereka suarakan dalam sesi wawancara dengan wartawan usai pengundian nomor urut, Kamis (24/9/2020) malam.

Pertanyaan yang dilontarkan wartawan, satu di antaranya, perihal sikap mereka terhadap isu penambangan emas di Kabupaten Jember.

Faida, calon bupati nomor urut 1, menjawab, selama masyarakat Kecamatan Silo tidak menghendaki tambas emas, maka dirinya dan pasangannya berkomitmen menjaga keinginan tersebut.

"Masyarakat Silo tidak menghendaki tambang emas, maka kami harus menjaga itu. Kejayaan pertanian Silo harus dijaga dan ditindaklanjuti melalui Perda RTRW (rencana tata ruang wilayah)," ujar Faida.

Sedangkan Hendy Siswanto, calon bupati nomor urut 2, juga menegaskan jika tambang emas di Jember tidak bisa dieksploitasi.
"Sudah ada aturannya, dan masyarakat Jember tidak menghendakinya. Dan fokus pembangunan kami nanti tidak ditambang, tetapi di pertanian. Bagaimana masyarakat sejahtera melalui pertanian," tegas Hendy.

Sementara, Abdussalam, calon bupati nomor urut 3, mengajak semua elemen di Kabupaten Jember bergotong royong membangun Jember.
"Bersama-sama juga menolak apa yang merusak alam, mengeksploitasi alam. Potensi yang kita miliki banyak, ada kebun (perkebunan), dan pariwisata," ujar Salam.

Tambang emas, merupakan salah satu isu yang mendapatkan penolakan keras oleh masyarakat Kecamatan Silo, Jember.

Beberapa tahun lalu, ribuan warga Kecamatan Silo memilih turun gunung berdemonstrasi untuk menyuarakan penolakan tambang emas yang berdasarkan peta dari pemerintah pusat dan provinsi, ditempatkan di pegunungan wilayah Silo.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved