Berita Lamongan

Setelah Lantik Pj Sekkab Lamongan, Fadeli Langsung Bahas Pemulihan Ekonomi

Diharapkan SE baru itu dapat membantu mengambil langkah-langkah kebijakan strategis untuk percepatan penanganan Covid-19 di daerah.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Heri Pranoto dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjadi penjabat (Pj) Sekkab Lamongan menggantikan Yuhronur Efendi, Jumat (25/9/2020). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Pelantikan Heri Pranoto sebagai Pejabat Sementara Sekretaris Daerah (Pjs Sekda) atau Sekretaris Kabupaten (Pjs Sekkab) Lamongan, Jumat (25/9/2020), langsung diteruskan dengan pertemuan jajaran Forkompimda.

Heri mengisi sementara jabatan yang ditinggalkan Yuhronur Efendi karena maju sebagai Calon Bupati di Pilkada Lamongan 2020.

Usai pelantikan Heri di Ruang Pertemuan Gajah Mada lantai 7 Gedung Pemkab Lamongan itu, Bupati Lamongan, Fadeli memimpin pertemuan untuk membahas pengendalian Covid-19 dan skema pemulihan ekonomi.

Rapat itu diikuti semua pejabat Forkompimda, Kapolres, Danramil, dan kapolsek se-Kabupaten Lamongan.

Fadeli menyampaikan tentang pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 Daerah sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) Nomor 440/5184/SJ per 17 September 2020 sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020.

Ke depan, diupayakan ada langkah membangun sinergitas dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19. Diharapkan SE baru itu dapat membantu mengambil langkah-langkah kebijakan strategis untuk percepatan penanganan Covid-19 di daerah.

"Sehingga pelaksanaan penanganan menjadi efektif, efisien, dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan pembentukan Satgas Covid-19," kata Fadeli.

Dengan diterbitkan SE baru ini, maka SE penanganan Covid-19 pada Maret lalu tidak berlaku lagi. Khusus untuk Pemerintah Kabupaten/Kota, diperintahkan membentuk satgas penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Selanjutnya memerintahkan camat untuk mengoordinasikan pembentukan Satgas Penangangan Covid-19 tingkat Desa, Dusun/RW/RT sesuai kebutuhan, kharakteristik, dan kearifan lokal daerah,” ungkap Fadeli.

Fadeli memohon dukungan semua pihak dan berterima kasih telah membantu meningkatkan perekonomian, menekan angka persebaran Covid-19 dan membuat keadaan tetap kondusif menuju pemilihan kepala daerah.

Sementara Kapolres Lamongan, AKBP Harun menambahkan, pelaksanaan pilkada diharapkan dapat terlaksana dengan baik, lancar dan tetap sehat dalam sinergitas.

“Mengingat kejadian Pilkada 2015, Lamongan menjadi perhatian nasional dalam bidang sosial politik, maka semua pihak harus bersinergi, " kata Harun.

Sedangkan Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono mengingatkan untuk fokus kepada sektor ekonomi, disamping penegakan disiplin dengan cara humanis.

“Tidak hanya penegakan disiplin protokol kesehatan, pemulihan ekonomi harus terus diupayakan. Bagaimana pasar tetap buka agar kita tetap bisa makan, " kata Sidik. ***

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved