Breaking News:

PGN

Gas Bumi PGN Dorong Penghematan Biaya Produksi Usaha UMKM

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas PT Pertamina, berkomitmen menyediakan sumber energi yang bersih dan ekonomis.

Foto: PGN untuk surya.co.id
Salah satu UMKM yang telah memanfaatkan jargas PGN. 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas PT Pertamina, berkomitmen menyediakan sumber energi yang bersih dan ekonomis untuk pelanggan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), melalui program Gas Kita.

Hal ini menjadi pertimbangan bagi PGN, mengingat UMKM merupakan salah satu faktor utama penopang ekonomi negeri.

UMKM merupakan bagian dari segmen usaha distribusi PGN dan tergolong sebagai Pelanggan Kecil (PK), dengan menggunakan moda distribusi pipa maupun non pipa.

PGN berupaya mendukung UMKM agar terus berjalan, bahkan meningkat, khususnya di masa pandemic saat ini.

Diharapkan pemberdayaan UMKM akan berbanding lurus terhadap jalannya roda perekonomian dan menggeliatnya perekonomian setelah masa PSBB.

Salah satu UMKM yang sudah hampir 8 tahun berdiri, di tengah pandemi Covid 19 mulai berlangganan gas PGN adalah Martabak Bryan di Jalan Raya Bojonegara, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, yang merupakan bagian dari HOKKY Group.

Salah satu pekerja Martabak Bryan, Agus mengungkapkan bahwa dalam sebulan mereka mengeluarkan biaya jika menggunakan energi lain sekitar Rp 7.700.000.

Sedangkan, dengan menggunakan gas bumi, biaya yang dikeluarkan menjadi sekitar Rp 2.219.000, sehingga penghematan yang diperoleh lebih dari 70 persen.

"Selain dari sudut harga, faktor keamanan dan kepraktisan yang juga menjadi bahan pertimbangan memilih gas PGN," ujar Agus sembari senyum.

Martabak Bryan mempunyai 8 cabang. Kalau yang sudah menggunakan gas PGN ini merupakan cabang yang pertama dan merupakan pilot project.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved