Breaking News:

Berita Surabaya

ITS Buka Program Permata-Sakti 2020 Untuk Mahasiswa Dari Kampus Lain

iTS mulai membuka Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti) 2020

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
ist
Kepala Subdirektorat Kerjasama Akademik ITS, Nur Syahroni 

SURYA.co.id | SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mulai membuka Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara - Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti) 2020. Sebanyak 255 mahasiswa yang berasal dari 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain di Indonesia terpilih untuk melakukan kegiatan perkuliahan di ITS.

Program usungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) tersebut akan berjalan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai Senin (28/9/2020) mendatang.

Program yang menjadi bagian dari kebijakan kampus merdeka ini memiliki tujuan untuk mengurangi disparitas antar perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala Subdirektorat Kerjasama Akademik ITS, Nur Syahroni menjabarkan dalam kegiatan pertukaran mahasiswa ini setiap perguruan tinggi dapat mengirim dan menerima mahasiswa antar institusi yang berbeda.

“Mereka dapat menjalankan kegiatan perkuliahan, praktikum, skripsi maupun magang,” jelasnya.

Dosen yang akrab disapa Roni ini melanjutkan, mahasiswa dapat memilih untuk melakukan kegiatan-kegiatan akademis tersebut pada program studi yang sama dengan program studi asal mereka, maupun pada program studi yang berbeda.

“Jangka waktu pelaksanaannya satu semester penuh atau setara dengan 20 sks sesuai ketentuan kampus masing-masing,” imbuhnya.

Untuk pilihan mata kuliahnya, ITS menawarkan tujuh mata kuliah yang menjadi keunggulan ITS di bidang Maritim, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Industri, Energi, Lingkungan, dan Kebencanaan.

“Tujuh mata kuliah tersebut dapat diampu oleh para peserta Permata-Sakti 2020 yang merupakan mahasiswa aktif pada semester lima sampai dengan tujuh,” papar dosen Departemen Teknik Kelautan ITS tersebut.

Mewakili bidang Maritim, dipilih mata kuliah Keselamatan Kapal oleh Departemen Teknik Sistem Perkapalan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved