Breaking News:

Citizen Reporter

Di Tangan Kreatif Masyarakat Jasinga, Limbah Bambu 'Disulap" Jadi 1 Set Teko Seharga Rp 250 Juta

Di tangah masyarakat Jasinga, limbah bambu disulap menjadi barang bernilai. Salah satunya, satu set teko yang dihargai Rp 250 juta.

ist
Satu set teko yang dibuat dari limbah bambu oleh warga Jasinga, Jawa Barat. 

SURYA.co.id - Desa Koleang terletak di Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan luas Wilayah 630 HA.

Secara geografis Desa Koleang memiliki ketinggian kurang lebih 94 meter di atas permukaan laut. Suhu rata-rata desa Koleang 30-32 derajat celsius dan memiliki jarak tempuh dari Kota Bogor kurang lebih 75 Km.

Desa ini terdiri dari 9 Rukun Warga dan 39 Rukun tetangga.

Di sebuah kampung terdapat salah satu kelompok pimpinan abah Rudi yang diberi nama "Cikidung Putra Mandala Albantani".

Abah Rudi ialah perajin bambu dari kampung Cikidung, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, bagian Barat perbatasan provinsi Jawa Barat.

Sudah beberapa bulan masyarakat kampung Cikidung sulit dalam hal kebutuhan ekonomi sehari-hari karena pandemi covid-19 ini.

Kemudian dengan melihat potensi desa yang kaya akan hasil alamnya, yaitu bambu yang selama ini banyak sekali diangkut keluar desa, tercetuslah ide membuat sesuatu yang produktif. 

Dibantu oleh Patriot Desa Jawa Barat dari DPMD provinsi Jabar,  yaitu Chandra atau yang akrab dipanggil Bara, Abah Rudi membuat produk dari limbah bambu

Kolaborasi untuk inovasi karya cipta produk ini menghasilkan waktu dan percobaan hampir 1 bulan. Di tangah Abah Rudi, limbah bambu 'disulap' menjadi Satu Set Teko yang sangat unik dan khas.

Menariknya, setelah jadi, satu set teko itu dibandrol harga Rp 250 juta.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved