Breaking News:

Citizen Reporter

Career Day dan Seminar Parenting: Mendampingi Anak dalam Pemilihan Karir di Era Covid Digital

SMA Santo Carolus Tarakanita Surabaya menyelenggarakan acara Career Day pada 15-19 September 2020. Di akhir acara, disisipkan seminar parenting

ist/citizen reporter
Webinar parenting SMA Santo Carolus Tarakanita Surabaya yang digelar di penghujung Career Day pada 15-19 September 2020. 

SURYA.co.id | SURABAYA - SMA Santo Carolus Tarakanita Surabaya menyelenggarakan acara Career Day pada 15-19 September 2020.

Di hari terakhir, secara khusus SMA Carolus menggelar seminar parenting yang dihadiri oleh para orang tua atau wali siswa kelas XII, XI, dan X secara daring melalui teleconference Zoom, kanal Youtube Humas Tarakanita Surabaya dan Hidup TV.

C. Winarti Handayani, S.Pd. (Guru SMA Santo Carolus) sebagai moderator menceritakan rangkaian acara Career Day di SMA Carolus ini.

Sejak hari pertama tanggal 15 September anak-anak mengikuti seminar untuk memotivasi mereka dalam memilih jurusan atau tempat terbaik untuk melanjutkan studi. Sedangkan hari kedua sampai hari ini anak2 mengikuti presentasi perguruan tinggi dan kunjungan web yang telah tersedia.

“Untuk menyamakan frekuensi putra-putri dan orang tua, maka SMA Carolus merasa orang tua perlu mendapat wawasan atau peneguhan dalam mendampingi putra-putrinya dalam menentukan karir mereka,” jelas Wiwin, sapaan akrab Winarti.

Shita Sophianingreki selaku Kepala SMA Santo Carolus pernah membaca sebuah artikel, yakni tugas orang tua adalah sebagai fasilitator dan teman diskusi yang menyenangkan dalam memilih jurusan atau program studi bagi anak kita, bukan sebagai penentu keputusan.

Shita pun memberikan pengantarnya dengan beberapa pertanyaan reflektif: Apakah hari ini kita sudah demikian? Atau sebaliknya anak-anak harus mengikuti apa yang kita putuskan? Mungkin pergumulan ini yang sedang dihadapi oleh bapak/ibu juga.

Seminar Parenting

Seminar dengan topik “Mendampingi Anak dalam Pemilihan Karir di Era Covid Digital” disampaikan oleh nara sumber Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan (Rektor Universitas Tarumanagara). Profesor yang sudah bercita-cita menjadi doktor sejak SMP itu memulai materinya dengan refleksi, “Sudahkah saya bahagia dan bersyukur hari ini? Mari kita bahagia dan bersyukur bersama. Jadi bahagia dan bersyukur mulai dari hal-hal sederhana seperti hidup, sehat, bekerja, tidur, masak, dan lain-lain.”

Profesor kelahiran Musirawas, Sumatera Selatan itu menyampaikan kompetensi profesional terdiri dari skill, knowledge, dan paling tinggi attitude. Attitude yang dimaksud adalah tanggung jawab, akuntabilitas, dan integritas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved