Berita Jombang

Bupati Jombang Launching Sentra Industri Tape Ketan Hijau di Desa Kedawong, Diwek

Bupati Mundjidah Wahab memukul gong menandai launching sentra industri tape ketan hijau di Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Penulis: Sutono | Editor: Parmin
surya.co.id/sutono
Bupati Mundjidah Wahab memukul gong menandai launching sentra industri tape ketan hijau di Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaunching Desa Kewawong, Kecamatan Diwek, sebagai sentra industri tape ketan hijau, Selasa (22/9/2020).

Makanan berbahan dasar dari beras yang difermentasi dengan ragi, diberi pandan sebagai pewarna hijau alami ini diharapkan menjadi salah satu produk unggulan di Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Dengan dibungkus kertas atau kemasan plastik berlabelkan Tape Ketan Hijau khas Jombang, diharapkan mampu bersaing di era modern ini.

Launching ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Mundjidah Wahab di balai desa setempat.

Bupati Mundjidah Wahab dalam sambutan berjanji melakukan pendampingan terhadap semua pelaku UMKM di Jombang.

Dikatakan, salah satu contoh untuk mendorong semua pemdes dalam hal ini BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) agar selalu melakukan inovasi dan terobosan baru guna mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Dari Pemkab juga akan teru s melakukan terus pemdampingan, kita berikan tenaga pendamping untuk memajukan usaha-usaha di desa yang sesuai tuntutan era modern seperti sekarang ini,” tandas bupati perempuan pertama di
Kabupaten Jombang ini.

Kepala Desa Kedawong, Anton Kaharrudin mengatakan, tape ketan hijau sudah lama diproduksi warganya.

“Hanya saja ini sebagai inovasi dan untuk mendongkrak perekonomian
masyarakat,“ ujar Anton saat launching.

Sebagai upaya mendongkrak pemasaran, pihaknya beserta BUMDes bekerjasama dengan salah satu toko ritel modern yang sudah ada di sejumlah tempat.

Menurut Anton, selain langsung dijual sendiri oleh pembuat tape ketan hijau, sejak Senin kemarin tape ketan hijau juga sudah masuk di salah satu toko ritel modern di Jombang sebagai komponen UMKM di dalamnya. (uto/***)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved