Breaking News:

Berita Bondowoso

Pemkab Bondowoso Optimistis Kawah Ijen Masuk Kawasan Geopark UNESCO

Pemerintah Kabupaten Bondowoso optimistis Kawah Ijen menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) yang diakui UNESCO.

surya.co.id/danendra kusumawardana
Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat. 

SURYA.co.id l BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten Bondowoso optimistis Kawah Ijen menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) yang diakui UNESCO.

Pemkab saat ini memastikan kesiapannya secara administrasi.

Selain itu, pihaknya juga bakal memenuhi sejumlah kekurangan di 19 area yang diajukan masuk dalam Ijen Geopark.

"Intinya, kami siap menyambut Bondowoso sebagai Ijen Geopark secara administrasi, lokasi dan sebagainya. Kekurangan dalam pengajuan juga sudah harus dipenuhi," kata Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, Selasa (22/9).

Irwan mengaku optimistis perihal pengajuan Ijen Geopark ke UNESCO. Sebab, pihaknya bersama Pemkab Banyuwangi difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam pengajuan tersebut.

"Memang sudah menjadi target kami dan juga Kabupaten Banyuwangi. Hal ini menjadi domainnya Pemprov Jatim untuk memfasilitasi Ijen Geopark," terangnya.

Ia meminta Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bondowoso untuk melakukan langkah koordinasi dengan instansi terkait. Itu perlu dilakukan agar pengajuan bisa berjalan mulus.

"Langkah yang dilakukan, misalnya, koordinasi dengan Bappeda kekurangannya apa saja yang memang disiapkan secara administrasi. Sehingga proses dan ijinnya bisa turun serta disetujui oleh Unesco," ungkapnya.

Kabupaten Bondowoso tengah mengusulkan Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten (KSPK) Ijen Geopark menjadi kandidat Global Geopark UNESCO.

Dalam proyek ini, Pemkab Bondowoso bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi untuk menguatkan sektor pariwisata Ijen, termasuk Raung di mata dunia.

Terdapat tiga konten dalam penetapan Goepark yakni Biological, Geologi, dan Culture.

Di Bondowoso, ada 19 titik yang direncanakan masuk dalam kawasan Geopark.

Untuk situs Geologi diantaranya Kawah Ijen, Kalipahit, Kawah Wurung, Sumber Air Panas Blawan, Air Terjun Blawan, dan Air Terjun Little Niagara. Selanjutnya, Air Terjun Gentongan, Black Lava Plalangan, Puncak Megasari, Batu Soon Solor dan Air Terjun Tol-tol.

Kemudian untuk Biological site di antaranya Kebun Stroberi, Kebun Kopi Rakyat, dan Hutan Pelangi.

Sedangkan untuk budaya, Pemkab Bondowoso memasukkan situs-situs megalitikum, Gua Buto di Kecamatan Sumber Wringin, Gua Buto di Kecamatan Cerme, Singo Ulung, Tari Molong Kopi, serta Tari Topeng Konah.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved