Breaking News:

Berita Surabaya

Mahasiswa ITS Gagas PBOX untuk Bantu Salurkan Logistik Kemanusiaan, Juara Pertama di KONKA 2020

Inovasi PBOX ini sudah diakui secara nasional, bahkan dalam lomba esai KONKA 2020, gagasan ini berhasil menyabet juara pertama

Istimewa
Wahyu Nur Hidayatun Nisa dan Maulidia Putri Azuningrum saat pengumuman Kompetisi Nasional Kemaritiman (KONKA) 2020. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang membuat inovasi Pelra Box (PBOX), berupa alat angkut untuk penyaluran logistik kemanusiaan di wilayah kepulauan.

Kedua mahasiswa tersebut adalah Wahyu Nur Hidayatun Nisa dan Maulidia Putri Azuningrum.

Inovasi PBOX ini sudah diakui secara nasional, bahkan dalam lomba esai kemaritiman di Kompetisi Nasional Kemaritiman (KONKA) 2020, gagasan ini berhasil menyabet juara pertama.

Wahyu menuturkan, PBOX merupakan alat yang terbuat dari kayu dan triplek melamin yang berfungsi layaknya peti kemas.

PBOX dapat dilipat ketika tidak berisi muatan, sehingga dapat memudahkan operasional karena tidak memakan tempat ketika kosong.

“Penggunaannya sama dengan peti kemas biasa, hanya saja dalam desain yang kami bawa itu lebih kecil dan ringan,” ujarnya, Selasa (22/9/2020).

Menurut Wahyu, ide untuk membuat inovasi tersebut bermula dari persebaran virus Corona di Indonesia yang tak kunjung reda dan menyebar ke seluruh negeri, tak terkecuali di wilayah kepulauan.

Maka sangat penting untuk melakukan pemerataan bantuan logistik kemanusiaan yang menyeluruh ke pelosok negeri.

Sebelum pandemi terjadi, segala jenis kebutuhan untuk wilayah kepulauan disalurkan melalui jalur laut dari Jawa ke pelabuhan-pelabuhan besar di luar Jawa. Kemudian disalurkan dengan kapal yang lebih kecil menuju pulau-pulau kecil.

"Hal ini terjadi karena tidak semua wilayah di Indonesia itu dapat disinggahi oleh kapal besar terutama wilayah kepulauan," jelas Wahyu.

Halaman
123
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved