Breaking News:

Tips Aman Beli Mobil Bekas: Ini Cara Deteksi Bekas Kecelakaan, Periksa 3 Titik Utama

CEO OtoSpector, Jeffrey Andika mengatakan ada beberapa poin yang perlu dilihat untuk menilai apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak.

surya/adrianus adhi
Dua pengunjung berjalan di depan deretan mobil bekas di Lapangan Rampal, 

 SURYA.co.id I JAKARTA - Bagi anda yang akan membeli mobil bekas, ada baiknya mengetahui tips mengenali bekas-bekas mobil kecelakaan.

OtoSpector, penyedia jasa pemeriksaan mobil bekas, memberikan tips itu. CEO OtoSpector, Jeffrey Andika mengatakan ada beberapa poin yang perlu dilihat untuk menilai apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak.

Setidaknya ada tiga sisi yang perlu diperiksa, yaitu sisi depan, sisi samping, dan sisi belakang. “Untuk kecelakaan sisi depan, paling mudah dideteksi dari ruang mesin. Buka kap mesin, perhatikan tulang atau rangka mobil di ruang mesin semuanya masih bawaan pabrik tidak ada bekas dempulan, las, atau ketokan.

Diperhatikan juga baut-baut masih orisinal tidak bekas dibuka,” ujar Jeffrey saat dihubungi, Sabtu (19/9/2020).

Jeffrey melanjuutkan poin berikutnya yaitu sisi samping, bisa dilihat apakah ada bekas perbaikan pada pilar mobil. “Dicek adakah bekas repair atau dempulan, dan juga bisa dilihat dari pintu. Pastikan pintu masih presisi saat buka tutup dan masih orisinial bukan gantian” katanya.

0 Poin lain yang dilakukan untuk pengecekan adalah pada sisi belakang. Menurut Jeffrey cara paling mudah adalah dengan melihat ruang bagasi dan tempat ban serep.

“Diperhatikan apakah ada bekas perbaikan di ruang bagasi. Jika ada perbaikan berarti pernah terjadi tabrakan yang cukup besar hingga mengenai ruang bagasi,” terangnya.

Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan tes drive pada kondisi tersebut. Sebab, mobil bekas kecelakaan biasanya tidak stabil saat dikendarai.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved