Breaking News:

Kasus Djoko Tjandra

KPK Berpeluang Selidiki Sosok 'King Maker' yang Bisa Bantu Urus Fatwa MA Joker, MAKI Sebut 5 Inisial

Setelah mendapatkan laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI) mengenai sosok king maker, kini KPK berpeluang menyelidikinya.

Kolase Antara Foto/Galih Pradipta dan Youtube
Foto penampilan polos Jaksa Pinangki (kiri), Boyamin Saiman (kanan) 

SURYA.co.id | JAKARTA - Setelah mendapatkan laporan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI) mengenai sosok king maker, kini KPK berpeluang menyelidikinya.

Jumat (18/9/2020), Koordinator MAKI, Boyamin Saiman melaporkan kepada KPK, selain sosok king maker, ada juga lima orang yang diduga kongkalikong membantu Jaksa Pinangki Sirna Malasari dan Anita Kolopaking menguruskan fatwa MA (Mahkamah Agung).

Lima orang itu masing-masing inisialnya, T, DK, BR, HA, dan SH.

Rencana kesiapan KPK menyelidiki kasus megakorupsi di tubuh aparat penegak hukum disampaikan oleh Wakil Ketua lembaga antirasuah tersebut, Nawawi Pomolango.

Menurutnya, KPK kini dapat memulai penyelidikan sendiri karena pihak Kejaksaan Agung telah melimpahkan perkara ke persidangan tanpa menindaklanjuti keterlibatan nama-nama yang dilaporkan oleh MAKI tersebut.

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (antara)

"Insya Allah karena berkas jaksa P ( Pinangki Sirna Malasari) telah dilimpahkan ke persidangan, maka terbuka bagi KPK untuk memulai penyelidikan pada nama-nama yang disampaikan MAKI sepanjang memang didukung bukti yang cukup untuk itu," kata Nawawi, Sabtu (19/9/2020).

Nawawi menuturkan, peluang KPK membuka penyelidikan sendiri diatur oleh Pasal 10A Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

"Yaitu jika ada laporan masyarakat yg tidak ditindaklanjuti, maka KPK dapat langsung mengambilalih dan menindaklanjutinya sendiri," ujar Nawawi.

Untuk itu, Nawawi menyebut KPK akan menelaah data dan dokumen yang diserahkan oleh MAKI terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah berikutnya.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyampaikan sejumlah data dan dokumen sebagai bukti kasus korupsi yang melibatkan jaksa Pinangki kepada KPK.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved