Berita Lamongan

Suhandoyo Gerak Cepat Temukan Cawabup Lamongan, KPU Nyatakan Berkas Lengkap

Ketua KPU Lamongan, Machrus Ali membenarkan Astiti telah menyerahkan dokumen perbaikan dari pergantian Bapaslon Pilkada Lamongan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Cabup Lamongan dari jalur independen, Suhandoyo bersama cawabup pengganti, Astiti Suwarni menyerahkan berkas ke KPU setempat, Kamis (17/9/2020). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Setelah calon wakil bupati (cawabup) Lamongan, Muhammad Su'udin dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dari tes kesehatan, penggantinya langsung ditemukan.

Suhandoyo selaku calon bupati (cabup) Lamongan, telah menggandeng Astiti Suwarni, istri dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim untuk berkontestasi di Pilkada Lamongan 2020.

Langkah Suhandoyo mencari pengganti Su'udin termasuk sangat cepat. Sejak calon wakilnya kandas, Selasa (15/9/2020) lalu, Suhandoyo memutuskan mengajak Astiti untuk maju dari sebagai calon independen atau perorangan.

Ketua KPU Lamongan, Machrus Ali membenarkan Astiti telah menyerahkan dokumen perbaikan dari pergantian Bapaslon Pilkada Lamongan.

"Ini penyerahan dokumen perbaikan pergantian dari salah satu pasangan Bapaslon Pilkada Lamongan. Penyerahan berkas berjalan lancar dan dinyatakan lengkap," kata Machrus kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Menurut Machrus, Astiti menjalani swab test, lalu pada 18 dan 19 September akan melalui pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya. Untuk kelengkapan berkas dilakukan hingga 18 September dan verifikasi berkas akan dilakukan pada 19 dan 20 September.

"Penetapan Bapaslon menjadi paslon pada 23 dan 24 pengundian nomor urut," katanya.

Sementara Suhandoyo mengatakan, Astiti telah menyerahkan berkas ke KPU Lamongan dan dinyatakan lengkap. Suhandoyo mengatakan Astiti bukan orang baru di Lamongan.

Astiti berasal dari wilayah Pantura Lamongan. "Ibu Astiti menggantikan Pak Su'udin yang juga berasal dari Pantura Lamongan," ungkapnya.

Astiti adalah istri Wahid Wahyudi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Wahid Wahyudi juga pernah menjadi Pjs Bupati Lamongan pada 2015 lalu.

Diberitakan sebelumnya, Su'udin yang berpasangan dengan Suhandoyo dinyatakan TMS kesehatan. Penetapan TMS oleh KPU Lamongan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan tim medis RSUD dr Soetomo Surabaya. ***

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved