Breaking News:

Berita Kediri

Kelurahan Betet Kota Kediri Lolos Lomba Destana, Juri Disuguhi Peragaan Penanganan Kebakaran

Kelurahan Betet, Kota Kediri, berhasil lolos lomba Desa Tangguh Bencana (Destana) kategori utama.

SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Simulasi penanganan bencana kebakaran yang digelar saat kunjungan Tim Penilai Lomba Destana Pemprov Jatim di Kelurahan Betet, Kota Kediri, Kamis (17/9/2020). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Kelurahan Betet, Kota Kediri, berhasil lolos lomba Desa Tangguh Bencana (Destana) kategori utama. Penentuan juara akan bersaing dengan tiga kabupaten/kota lainnya.

Tim penilai lomba Destana Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi di Kelurahan Betet, Kamis (17/9/2020).

Pada peninjauan lokasi ini diikuti oleh sejumlah elemen masyarakat seperti Karang Taruna, PKK, WPA dan lain sebagainya.

Pada kegiatan itu tim penilai juga disuguhi ketrampilan Destana Kelurahan Betet dalam penanganan bencana kebakaran. Disiapkan replika gubuk bambu yang dilalap api.

Pemadaman dilakukan dengan mengerahkan motor gerobak yang dimodifikasi untuk pemadam kebakaran. Dalam waktu sekejap api yang melalap replika gubuk berhasil dipadamkan.

Menurut Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri, Adi Sutrisno menyatakan lolosnya Kelurahan Betet merupakan prestasi yang luar biasa.

“Alhamdulillah Kota Kediri berhasil lolos 4 besar lomba Destana kategori utama. Ini merupakan kategori tertinggi dibandingkan dua dibawahnya, yaitu pratama dan madya," ungkapnya.

Kota Kediri tengah bersaing dengan tiga kabupaten kota/lainnya, di antaranya, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Magetan.

Potensi bencana yang mungkin terjadi di Kota Kediri adalah bencana kebakaran dan angin puting beliung.

Kepala Kelurahan Betet, Surono menjelaskan Kelurahan Betet telah siap siaga dalam penanganan bencana ini.

“Kami bersama warga serta BPBD telah melakukan persiapan yang matang dalam penanggulangan bencana, terutama bencana yang berpotensi besar terjadi di wilayah Kota Kediri, seperti kebakaran," jelasnya.

Diharapkan, proses penilaian dapat berjalan dengan lancar dan Kelurahan Betet mendapatkan hasil terbaik dan mampu menorehkan prestasi dalam lomba Desa Tanggung Bencana.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved