Breaking News:

Dibuka Beasiswa Penuh S2 Chevening Inggris, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Program beasiswa Chevening merupakan penawaran pendanaan belajar secara penuh selama 1 tahun untuk gelar S2 dari Pemerintah Inggris

SURYA.co.id I JAKARTA - Progran beasiswa luar negeri Chevening kembali dibuka untuk jenjang S2 (master). Pendaftar dibuka secara online di Indonesia sejak Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (2/11/2020).

Program beasiswa Chevening merupakan penawaran pendanaan belajar secara penuh selama 1 tahun untuk gelar S2 dari Pemerintah Inggris untuk calon pemimpin masa depan.

Dalam program ini, pendaftar dapat memilih mata pelajaran apa pun dari universitas mana pun yang ada di Inggris.

Beberapa universitas yang bekerja sama dengan program beasiswa luar negeri S2 Chevening ialah: Birkbeck University of London Bournemouth University Brunel University London Cardiff University Durham University LSE Newcastle University Oxford Centre for Islamic Studies Queen Mary University of London

Salah satu tokoh Indonesia yang pernah mendapatkan beasiswa Chevening ialah Riri Riza selaku sutradara, penulis skenario, dan produser film. Laki-laki bernama asli Mohammad Rivai Riza ini pernah menggarap film Petualangan Sherina (2008), Laskar Pelangi (2008), dan Ada Apa dengan Cinta? (2002 & 2016).

Selain Riri, masih ada sederet nama lulusan Chevening yang berkarya di Indonesia, seperti Wahyu Dhyatmika (pemimpin redaksi majalah Tempo), Ahmad Faudi (novelis), dan Sukma Violetta (Wakil Ketua Komisi Yudisial).

Cakupan Program

Program Beasiswa Chevening menawarkan pendanaan penuh dengan rincian sebagai berikut: Biaya kuliah universitas. Biaya visa bagi penerima beasiswa.

Biaya keberangkatan dan kepulangan menuju tempat tinggal penerima beasiswa. Tunjangan kedatangan. Tunjangan keberangkatan.

Tunjuangan hidup pribadi per bulan (biaya akomodasi dan hidup). Tunjangan top-up perjalanan. Penambahan biaya sebesar 75 poundsterling atau setara dengan Rp 1,4 juta untuk pengujian tuberkulosis bila diperlukan. Syarat pelamar

Syarat :
Warga negara Indonesia.
Setelah masa beasiswa berakhir, bersedia untuk kembali ke Indonesia.
Menuntaskan semua komponen gelar sarjana (S1) dengan minimal IPK antara 3,33 – 3,67.
Memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja (setara dengan 2.800 jam).
Mendaftar pada 3 program berbeda di universitas Inggris yang memenuhi syarat dan telah menerima penawaran masuk tanpa syarat dari salah satu pilihan tersebut, selambat-lambatnya pada 16 Juli 2020.

Tahapan seleksi

Pendafataran beasiswa Chevening 2021-2022 dibuka mulai 4 September - 2 Nopember 2020.
Panitia memeriksa kriteria kelayakan pendaftar pada 4 November 2020.
Panitia memberikan penilaian pada aplikasi yang memenuhi syarat (pertengahan November – Desember 2020). Kedutaan Inggris membuat daftar pendek untuk orang-orang yang masuk dalam tahap wawancara pada Februari 2021.
Batas pengiriman dokumen dan 2 surat rekomendasi jatuh pada 22 Februari 2021.
Wawancara akan berlangsung dari 1 Maret hingga 30 April 2021.
Hasil wawancara mulai diumumkan sejak awal Juni 2021.
Perkuliahan akan dimulai pada September/Oktober 2021 di Inggris.

Informasi selengkapnya mengenai beasiswa, rincian syarat, dan pengajuan aplikasi pendaftaran dapat dilihat melalui laman resmi https://www. chevening.org.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved