Breaking News:

Berita Gresik

Detik-detik Peziarah Mendadak Meninggal di Makam Sunan Giri Gresik, Diduga Akibat Penyakit Jantung

Peziarah asal Jombang, Kuswadi (63) yang tiba-tiba tergeletak meninggal di makam Sunan Giri, Gresik, begini kronologinya.

SURYA.CO.ID/Willy Abraham
Anggota polsek Kebomas bersama petugas medis saat mengevakuasi jenazah peziarah yang tiba-tiba meninggal di makam Sunan Giri, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Peziarah asal Jombang, Kuswadi (63) yang tiba-tiba tergeletak meninggal di makam Sunan Giri, Gresik.

Korban merupakan warga Desa Gadingmangu RT 01/RW 07, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang.

Dari informasi yang dihimpun, pria tersebut berangkat ke Gresik bersama rombongan peziarah dengan jumlah 15 orang.

Mereka berangkat dari Kabupaten Jombang pada Rabu (16/9/2020), sekitar pukul 06.30, menaiki kendaraan Isuzu Elf S 7793 W. Rombongan bermaksud untuk melaksanakan ziarah wali lima.

Rombongan berziarah dengan rute makam Sunan Bonang Tuban, makam Sunan Drajat Lamongan, Sunan Maulana Malik Ibrahim dan terakhir di makam Sunan Giri.

Rombongan tiba di makam Sunan Giri sekitar pukul 17.45 WIB. Saat memasuki area pemakaman, rombongan pun dicek suhu dan dinyatakan tidak melebihi batas ketentuan. Kuswadi bersama rombongan lalu memasuki area pendopo makam Sunan Giri untuk melakukan ziarah dan zikir.

"Korban tiba-tiba terjatuh ke belakang dalam keadaan tak sadarkan diri," ujar Kanit Reskrim Polsek Kebomas, Iptu Muhammad Sujai.

Rekan korban, Sutrisno yang berada tepat di sampingnya pun berusaha untuk menolong dan istri korban, Sofiktin menghampiri untuk memberikan segelas air putih.

Namun, korban tidak mau meminumnya dan dinyatakan meninggal dunia di lokasi.

Kejadian itu pun dilaporkan kepada pihak yayasan pengelola makam Sunan Giri yang langsung menyambungkan ke Polsek Kebomas.

Petugas kepolisian yang datang langsung melakukan pemeriksaan dan menggali keterangan.

"Korban tidak dalam keadaan sakit saat melaksanakan ziarah wali lima. Namun mempunyai riwayat penyakit jantung menurut keterangan dari istri korban," ungkap Sujai.

Para Peziarah Panik, Warga Asal Jombang Mendadak Meninggal di Makam Sunan Giri Gresik

Dikonfirmasi terpisah, satgas percepatan dan penanganan covid-19 Kabupaten Gresik, masih belum memastikan apakah korban merupakan terpapar covid-19 atau tidak.

"Masih belum dapat informasi pemeriksaan," pungkas juru bicara Satgas covid-19, drg Saifudin Ghozali.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved