Breaking News:

Berita Sumenep

Ayam Bekisar di Pulau Kangean Sumenep Semakin Langka

Pulau Kangean di Madura terkenal sebagai tempat ayam bekisar. Namun saat ini populasi ayam bekisar di sana mulai langka.

ist/greeners.co
ilustrasi ayam bekisar 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

SURYA.co.id | SUMENEP - Pulau Kangean di kabupaten Sumenep, Madura dikenal salah satunya karena ayam bekisar

Namun satwa ini mulai teramcam punah dengan situasi sekarang.

Itulah sebabnya, warga kepulauan mulai lakukan dengan penangkaran bekisar yang baik. Selama ini, ayam bekisar dari Kangean diakui banyak orang sebagai bekisar terbaik.

Salah satu warga Kecamatan Kangayan, Busani bercerita bahwa saat ini ayam bekisar mulai susah ditemukan dan bahkan populasinya sudah berkurang karena banyak diambil orang-orang dari luar pulau.

"Ayam bekisar kangean ini susah sekarang, karena sering diambil di hutan," ucapnya, Kamis (17/9/2020).

Dari itulah katanya, sebagian warga setempat mengembangbiakkan ayam bekisar dengan cara ternak silang. Caranya dengan mengeramkan telur bekisar pada ayam betina kampung dan dipisah saat telur menetas. Pola ini akan membantu populasi ayam bekisar bertambah lebih cepat.

"Ada sebagian warga sini melakukan penangkaran, diternak dengan ayam betina kampung," katanya.

Ayam hutan ini kata sebagian warga pulau kangean lainnya, sangat diminati oleh orang - orang luar daerah, misalnya Bali dan Banyuwangi. 

Kegemaran orang terhadap ayam bekisar, selain untuk dipelihara di rumah-rumah juga untuk diikutkan dalam lomba kemerduan suara bekisar. Dalam lomba ini yang dinilai adalah kerasnya, lengkingan serta kemerduan, penampilan fisik dan keindahan bulu serta bentuk tubuh secara utuh.

Camat Kangayan, Pulau Kangean Sumenep, H. Mohammad Hosen membenarkan dan ayam unik tersebut saat ini memang perlu adanya penangkaran ayam bekisar dengan harapan agar tidak punah.

Dia pun mengimbau seluruh Kades di wilayahnya untuk memperhatikan dan mensupport pendanaanya dalam peningkatan populasi ayam bekisar tersebut.

"Misalnya menggunakan dana pemberdayaan dengan melalui DD," katanya.

Tak cukup di situ, demi meningkatkan populasi ayam bekisar di pulau Kangean ini pihaknya juga meminta agar para ahli penangkar ayam tersebut membagi ilmu dengan masyarakat sekitar.

"Kami berharap, bagi para ahli penangkaran ayam bekisar membagi ilmu tatacaranya kepada para generasi muda, tujuannya sebagai penerus dan berkelanjutan," katanya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved