Breaking News:

Berita Gresik

Tinjau Proyek Underpass Kebomas, Bupati Gresik Cermati Kelayakan Konstruksi

Setelah bertanya detail mengenai teknis proyek dan konstruksi, Sambari memperingatkn agar pekerjaan sesuai dengan gambar perencanaan

surya/mochamad sugiyono
Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto meninjau proyek underpas di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas. Proyek tersebut memotong jalan nasional diharapkan bisa memecah kemacetan, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.CO.ID, GRESIK – Kali terakhir menjelang pungkas masa jabatannya, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyempatkan untuk meninjau langsung pembangunan underpass, di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Rabu (16/9/2020).

Proyek jalan yang mulanya menanjak menaiki bukit tersebut telah dialihkan di sebelahnya. Dalam tinjauannya, Sambari banyak bertanya tentang hal-hal teknis, mulai lebar trotoar, lebar jalan, ketebalan dinding dan banyak memberikan revisi atau masukan.

Selain itu, Sambari menanyakan bahan kontruksi yang digunakan dalam pengerjaan proyek. Mulai batu, ukuran besi dan kondisi eksisting bangunan setelah selesai nanti.

Setelah bertanya detail mengenai teknis proyek dan konstruksi, Sambari memperingatkn agar pekerjaan sesuai dengan gambar perencanaan. “Berapa ukuran besi ini? Batu apa yang akan dipakai untuk membangun dinding terowongan ini ?” tanya Sambari kepada manager proyek.

Dengan adanya proyek underpass tersebut, Sambari mengatakan, diharapkkan bisa mengakhiri kemacetan yang kerap terjadi di jalur Kebomas. Sebab, sekitar bundaran Kebomas ada banyak fasilitas umum. Mulai dari mal, hotel, sekolah sampai perguruan tinggi.

“Underpass akan sangat terasa manfaatnya beberapa tahun ke depan, di mana tempat ini sudah sangat berkembang sehingga para pelajar dan mahasiswa aman melintasi jalan ini,” katanya.

Kepala Dinas PUTR, Gunawan Setijadi mengatakan, tinggi terowongan underpass yang melintas dari belahan Utara ke Selatan adalah 4,7 meter, lebar 7,2 meter. Sedangkan lebar jalan 5,9 meter, ditambah trotoar 1,5 meter.

Proyek dengan anggaran Rp 5mMiliar lebih itu dijadwalkan akan selesai akhir Desember 2020. “Insya Allah akhir Desember 2020 depan, underpass ini selesai,” kata Gunawan. ***

Penulis: Sugiyono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved