Breaking News:

Berita Malang

Seperti Nusakambangan, Menkumham Sebut Pulau Sempu Strategis Jadi Lapas

Bupati Malang, Muhammad Sanusi merespon rencana pembangunan lapas di Pulau Sempu yang disebutnya merupakan kewenangan Kemenkumham.

surya/erwin wicaksono
Menkumham, Yasonna Laoly meresmikan L'SIMA Bike Park Lapas Asimilasi, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kalau benar opsi pengembangan lapas (lembaga pemasyarakatan) mengarah ke Pulau Sempu, maka kemungkinan Kabupaten Malang akan memiliki lapas khusus seperti di Nusakambangan, Jawa Barat.

Karena pengembangan lapas di Malang Raya menyasar ke Pulau Sempu sebagai wilayah yang dinilai strategis. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly membenarkan rencana tersebut.

"Di Kabupaten Malang sedang direncanakan ketersediaan lahannya, bupati sudah menyediakan. Bupati berjanji akan mencari tempat yang bisa diwujudkan lapas," ujar Yasonna usai meresmikan L'SIMA Bike Park Lapas Asimilasi, Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Rabu (16/9/2020).

Yasonna menyatakan rencana tersebut bisa terwujud dengan kerjasama lintas sektoral. "Pulau Sempu, nanti barangkali kerjasama dengan Bupati (Malang) dan Kanwil secara bertahap," ungkap Yasonna.

Terakhir, Yasonna mengetahui di Malang Raya terdapat dua jenis lembaga pemasyarakatan. "Sekarang memang ada dua lapas di Kota Malang yaitu Lapas Perempuan dan Klas 1," ujar Yasonna.

Sementara Bupati Malang, Muhammad Sanusi merespon rencana pembangunan lapas di Pulau Sempu yang disebutnya merupakan kewenangan Kemenkumham. "Lapas ini urusan Menkumham," ujar Sanusi.

Bahkan Sanusi mengaku Pemkab Malang tak memiliki lahan di pulau tersebut. "Tanah kita (Pemkab Malang) gak punya di pulau itu," terang Sanusi.

Perihal pengembangan lapas di Malang Raya, Sanusi menyarankan agar dilakukan di Kecamatan Kepanjen. "Yang mungkin punya (tanah) ya di Kepanjen. Karena lapas harus dekat dengan Kejaksaan, Kepolisian dan pengadilan," ucap Sanusi. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved