Breaking News:

Berita Jember

Ratusan Warga Jember Terjaring Operasi Yustisi, 10 di Antaranya Didenda Rp 250 Ribu

Berdasarkan data yang disampaikan pihak kepolisian, ada 300 orang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan di Alun-alun Jember

SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Pelanggar protokol kesehatan yang terjaring operasi yustisi di Alun-alun Jember saat menjalani sanksi sosial, Selasa (15/9/2020) malam. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Ratusan orang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan di Alun-alun Jember, Selasa (15/9/2020) malam.

Berdasarkan data yang disampaikan pihak kepolisian, ada 300 orang pelanggar kedisiplinan protokol kesehatan.

Dan kali ini, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jember tidak main-main dalam menegakkan aturan. Sebab dari 300 orang itu, 10 orang di antaranya dijatuhi denda uang sebesar Rp 250.000, sesuai dengan bunyi denda yang diatur di Peraturan Gubernur No 53 Tahun 2020.

Sedangkan sisanya 290 orang mendapatkan denda berupa sanksi sosial, seperti yang diatur di Peraturan Bupati No 47 Tahun 2020.

Operasi yustisi di Alun-alun Jember itu dilakukan malam sekitar pukul 10.00 Wib. Meskipun sudah terbilang malam, namun masih banyak warga beraktivitas di sekitar Alun-alun Jember. Dan ketika petugas melakukan operasi yustisi, ternyata banyak orang yang terjaring karena tidak memakai masker.

Mereka yang tidak memakai masker langsung menjalani sidang di tempat. Setelah hakim Pengadilan Negeri (PN) Jember menjatuhkan putusan, para pelanggar langsung menjalani hukumannya.

Sanksi sosial yang diberikan antara lain menyapu dan membuang sampah. Lokasi sanksi sosial itu masih di seputaran Alun-alun Jember.

Namun ada yang berbeda dari operasi yustisi hari pertama pada Senin (14/9/2020), kali ini pelanggar protokol kesehatan mengenakan rompi bertuliskan 'Pelanggar Protokol Kesehatan Jember'.

Kapolres Jember yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Jember, AKBP Aris Supriyono menegaskan, pihaknya harus menegakkan aturan tentang kedisiplinan protokol kesehatan sebagai upaya memutus penyebaran virus Corona di Kabupaten Jember.

"Pelanggar protokol kesehatan ada yang mendapatkan sanksi sosial, dan sudah ada yang terkena hukuman denda. Ada 10 orang yang didenda, karena mereka melakukan kesalahan berulang. Sebelumnya, mereka diketahui sudah terjaring operasi yustisi tidak memakai masker dan terjaring lagi," ujar Aris.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved