Breaking News:

Berita Magetan

Pencurian Kotak Amal dan Sajadah Masjid Resahkan Warga Kecamatan Ngariboyo Magetan

Warga kecamatan Ngariboyo, Magetan, diresahkan oleh pencurian kotak amal dan sajadah masjid. Dalam sepekan ini saja, sudha tiga kali terjadi.

surabaya.tribunnews.com/doni prasetyo
Ketua takmir dan imam masjid Al Hidayah, Telamban, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan menunjukan kotak amal masjidnya yang sempat dibawa pelaku pencurian dan dibuang di persawahan Dusun Kumpulan, Desa Banjarejo, Ngariboyo, Magetan, setelah dikuras isinya, Rabu (16/9). 

SURYA.co.id | MAGETAN - Dalam sepekan, tiga masjid di wilayah Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan disatroni maling.

Akibatnya, tiga kotak amal raib. Tidak hanya itu, pelaku pencurian juga membawa tujuh dari 10 sajadah masjid setempat.

"Kotak amal masjid Al Hidayah, Dusun Telamban, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo ini ditemukan dibuang di sawah Dusun Kumpulan, Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo dalam keadaan kotak terbuka paksa,"kata Kiai Sarno, Ketua takmir yang juga imam masjid Al Hidayah, RT2/RW2 Dusun Telamban, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Magetan kepada Surya, Rabu (16/9).

Menurut Kiai Sarno, masjid Al Hidayah empat kali ini disatroni pencuri, tiga kali membawa kotak amal, dan sekali sajadah yang masih baru. Sedang ketiga masjid yang disatroni maling itu, Al Hidayah, Telamban,  masjid Panasan dan masjid Daleman, ketiganya di Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan.

"Dari 10 sajadah disisakan tiga sajadah. Tiga sajadah yang ditinggal memang sudah lama dipakai, yang dibawa tujuh sajadah itu relatif masih baru. Jadi tiga kali mengambil kotak amal, sekali tujuh sajadah,"kata Sarno.

"Isi kota amal dibuka per dua pekan sekali. Isinya tidak mesti, tapi antara Rp 200 ribu - Rp 250 ribu. Kalau yang dibawa semalem kurang tahu berapa isinya, tapi memang sudah hampir dua pekan ini belum dibuka,"jelas Kiai Sarno.

Sebenarnya ketiga masjid yang jadi korban pencurian itu seluruhnya sudah memasang kamera Closed-circuit Television (CCTV) namun hasilnya gelap, karena kualitas CCTV sangat rendah, meski secara detail palaku masih bisa dilihat.

Dalam rekaman CCTV di masjid Al Hidayah, Telamban, pelaku yang terlihat hanya seorang anak muda yang mengenakan helm hitam, jaket warna biru bahan parasit dan sepatu gunung. Pelaku membawa kotak amal masjid Al Hidayah diangkat dari dalam masjid dengan masih menggunakan sepatu lewat tempat wudhu yang pagar temboknya hanya setinggi satu meter.

Kasus pencurian kotak amal di Masjid Al Hidayah Telamban, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan belum dilaporkan ke Polisi, sehingga Polisi dari Sektor Ngariboyo, Resor Magetan baru datang ke tempat kejadian perkara (TKP) dan langsung olah tempat kejadian perkara (TKP), Rabu (16/9) seusai shalat Dhuhur, atau sekitar pukul 12.30.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved