Breaking News:

Virus Corona di Nganjuk

Peduli Kesehatan Warga, Wakil Ketua DPRD Nganjuk Bagikan Masker Gratis Cegah Penularan Covid-19

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Jianto, ikut berpartisipasi membagikan masker gratis kepada warga.

surya.co.id/ahmad amru muiz
Wakil Ketua DPRD Nganjuk, Jianto saat bagikan masker gratis kepada warga untuk mencegah penularan covid-19 di Kabupaten Nganjuk, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.CO.ID | NGANJUK - Kegiatan pembagian masker gratis dalam upaya mencegah penularan Covid-19 terus dilakukan di wilayah Kabupaten Nganjuk.

Kali ini Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Jianto, ikut berpartisipasi membagikan masker gratis kepada warga.

Wakil Ketua DPRD Nganjuk, Jianto mengatakan, pembagian masker gratis kepada warga sebagai bentuk kepedulian akan kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini terancam oleh virus corona.

Disamping itu, diharapkan warga tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker karena tidak memiliki masker sehingga rawan tertular covid-19.

"Kami melihat jumlah kasus positif corona di Nganjuk terus meningkat, dan itu yang mendasari kami ikut bergerak membagikan 5000 masker kepada warga khususnya di Desa Wilangan Kecamatan Wilangan ini," kata Jianto, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, dikatakan Jianto, dirinya bersama Kades Wilangan, Lina Muntiani serta Forkompimcam Wilangan juga melakukan sosialisasi agar masyarakat disiplin dalam menggunakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah ataupun dimana saja. Karena, menggunakan masker sebagai salah cara untuk menangkal penyebran virus covid 19.

“Masih banyaknya warga terutama di Desa yang tidak menggunakan masker saat berkendara sangat rawan tertular sehingga membuat kami tergerak untuk peduli kondisi warga dengan memberikan masker gratis kepada mereka," ucap Jianto.

Memang, diakui Jianto, kesadaran masyarakat untuk memakai masker di tengah wabah corona masih rendah, terutama di Pedesaan.

Dengan terbitnya peraturan gubernur (Pergub) Nomer 53 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 telah diterapkan di seluruh Provinsi Jawa Timur maka kewajiban bagi perorangan untuk menggunakan masker menutupi hidung, mulut hingga dagu.

Di samping itu, warga juga wajib mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau gunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Bagi pelanggar protokol kesehatan saat ini sudah jelas diatur penerapan sanksi administratif. Untuk itu warga harus mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan covid-19 apabila tida ingin terkena sanksi," tutur Jianto.

Penulis: Ahmad Amru Muiz
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved