Breaking News:

Berita Surabaya

Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup Surabaya dari 3 Generasi Edukasi Warga Jetis Kulon, ini Fokusnya

Pangeran dan Putri Lingkungan melakukan kegiatan bersama di kawasan Kampung Jetis Kulon Surabaya.

surya.co.id/habibur rohman
DUTA LINGKUNGAN - Pangeran dan Putri Lingkungan melakukan kegiatan bersama di Kampung Jetis Kulon Surabaya. Kegiatan oleh kader lingkungan tingkat SD dan SMP ini diisi sosialisasi mengolah sampah, membatik, dan menjaga kesehatan pada masa "New Normal" yang diwujudkan dengan membagikan masker kepada warga. 

SURYA.co.id | SURAABAYA - Sebanyak 15 Pangeran dan Putri Lingkungan Tunas Hijau Surabaya melakukan kegiatan bersama di Kampung Jetis Kulon VIII, Wonokromo, Surabaya, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan kali ini diikuti 3 generasi pangeran dan putri lingkungan hidup tingkat SD dan SMP mulai 2018 hingga 2020.

Hal itu sebagai bentuk tanggung jawab dan sosialiasi kepada masyarakat.

Ketua RT 10 RW 4 Wonokromo Surabaya, Mustofa mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan untuk mengelola lingkungan.

"Sangat edukatif sekali terutama untuk anak-anak karang taruna di kampung kami," ungkap Mustofa kepada SURYA.co.id, Rabu (16/9/2020).

Salah satu pangeran lingkungan 2018, Zaki, menjelaskan tentang project ecobicks, ecoprenuership, dan pengelolaan sampah plastik kepada warga.

"Polusi menjadi solusi, sampah keluarga jadi barang berharga dan dibuang menjadi uang," katanya.

Sedang Pangeran Lingkungan 2020, Tristan, yang  berhasil mengembangkan project Maggot untuk mengurangi sampah makanan basah.

“Selama 6 bulan, dengan pengembangan maggot, sampah makanan basah bisa menghabiskan sebanyak 10 ton. Dengan maggot selain bisa mengurai sampah basah, maggot bisa digunakan untuk makanan lele dan kotoran digunakan pupuk, maka maggot secara ekonomis bisa dikembangkan di lingkungan kampung," ujarnya.

Setelah memberikan sosialisasi di depan karang taruna, 15 pangeran dan putri lingkungan hidup kota Surabaya berkesempatan membatik di tempat kampung batik sapu lidi yang menjadi icon kampung Jetis Kulon VIII dengan dipandu  Mashuri selaku owner batik sapu lidi.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved