Breaking News:

Berita Malang

Menkumham Puji SAE Maguan Malang Angkat Derajat Warga Binaan

pembinaan SAE bisa jadi modal bagus bagi narapidana saat bebas nanti. Karena sarana itu dapat mengangkat derajat warga binaan.

surya/erwin wicaksono
Menkumham Yasonna Laoly mencoba bermain ayunan saat peresmian L'SIMA Bike Park dan Sarana Asimilasi dan Edukasi di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoli memberi apresiasi tinggi atas keberadaan L'SIMA Bike Park dan Sarana Asimilasi dan Edukasi di Desa Maguan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

Usai peresmian, Yasonna percaya SAE Maguan bisa menjadi sarana mengangkat derajat warga binaan. "Apresiasi bagi jajaran Kemenkumham, Kakanwil, Kalapas dan Bupati Malang yang memberikan perhatian khusus pada SAE," ujar Yasonna usai meresmikan SAE, Rabu (16/9/2020).

Kata Yasonna, pembinaan SAE bisa jadi modal bagus bagi narapidana saat bebas nanti. Karena sarana itu dapat mengangkat derajat warga binaan.

"Supaya mereka dapat kembali ke masyarakat. Di sini pembinaan dapat membangun keahlian untuk bersaing di masyarakat. Ada secercah senyum dan harapan dari mereka," tutur Yasonna.

Penghuni SAE ternyata bukan narapidana sembarangan. Alias harus melalui seleksi terlebih dahulu. "Narapidana diberdayakan. Bahkan produknya ada yang diekspor ke luar negeri," terang Yasonna.

Yasonna mengibaratkan, narapidan bagai sosok yang sedang tersesat. Sehingga ada secercah harapan untuk kembali ke jalan yang benar. "Mereka yang melanggarnya hukum kita bina dalam pendidikan moral. Supaya nanti kembali pada masyarakat bisa berguna," ucap Yasonna.

Yasonna mengajak masyarakat agar tidak memberikan stigma negatif bagi para mantan narapidana "Kita yang harus mengangkat detajat mereka (narapidana). Karena jika kita tetap memberikan labeling maka mereka bisa kembali tersesat," pesan Yasonna.

Terakhir, Yasonna memotivasi para narapidana bisa bermanfaat bagi negara. "Tunjukkan pada dunia dan Indonesia bahwa mereka adalah bermanfaat bagi Indonesia," jelasnya. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved