Breaking News:

Berita Malang Raya

Komisi C DPRD Batu Sambut Baik Gagasan Dewanti Soal Perlindungan Warga Dari BPJS Ketenagakerjaan

Komisi C DPRD Batu menyambut baik gagasan Wali Kota Batu agar dana kematian dialihkan untuk dana jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kepala keluarga

Muh. Amran Amir
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan 

SURYA.co.id | BATU – Komisi C DPRD Batu menyambut baik gagasan Wali Kota Batu agar dana kematian dialihkan untuk dana jaminan sosial ketenagakerjaan bagi kepala keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga.

Ketua Komisi C DPRD Batu, Khamim Tohari mengatakan gagasan tersebut sangat tepat sebagai wujud perlindungan pemerintah kepada masyarakatnya.

“Saya sangat setuju dengan pernyataan ibu Wali Kota yang mana ada gagasan memperjuangkan masyarakat Kota Batu dengan mengalihkan dana kematian menjadi dana ketenagakerjaan. Jadi nanti yang dilindungi seseorang sebagai tulang punggung keluarga. Ini luar biasa,” terang Khamim, Rabu (16/9/2020).

Kata Khamim, gagasan tersebut bisa didorong menjadi peraturan daerah. Namun juga bisa dituangkan dalam bentuk Perwali dalam waktu dekat. Untuk menjadi Perda, perlu waktu cukup lama.

“Selama Perwali ada, bisa dilaksanakan. Memang lebih kuat lagi kalau ada Perda. Kalau ada anggaran, bisa dilakukan. Kami sangat setuju sekali,” jelasnya.

Khamim menceritakan, ia punya pengalaman ada warga terjatuh dari kendaraan saat bertugas. Namun tidak bisa terlindungi oleh BPJS Kesehatan, sedangkan warga tersebut belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena tidak ikut ketenagakerjaan, juga tidak bisa terlindungi,” katanya.

Khamim pun sempat dibuat bingung karena warga tersebut melapor ke dirinya. Pada akhirnya, ia mencoba membantu sebisa mungkin. Dari pengalaman tersebut, Khamim tidak ingin ada warga lainnya yang bernasib serupa.

“Dana kematian selama ini dapat sejuta, itu pun prosesnya berbelit-belit. Birokrasinya, dan itu tidak mudah. Alangkah baiknya dialihkan ke tenaga kerja. Tentu yang dilindungi adalah tulang punggung keluarga karena punya risiko tinggi,” paparnya.

Komisi C DPRD Batu segera membahas hal tersebut di internal sebelum diserahkan ke Ketua DPRD Batu untuk dibahas dalam rapat paripurna.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved