Breaking News:

Berita Bondowoso

Dikbud Bondowoso berharap Warga Desa Alas Sumur, Pujer, Mampu Kelola Potensi Wisata secara Mandiri

Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Dikbud Bondowoso, Hery Kusdarijanto berharap masyarakat Desa Alas Sumur, Pujer, mampu kelola potensi wisata.

surya.co.id/danendra kusumawardana
Sumur lokasi penemuan sejumlah benda diduga bersejarah menjadi perhatian warga, Rabu (16/9/2020). 

SURYA.co.id l BONDOWOSO - Kepala Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindik bud) Bondowoso, Hery Kusdarijanto berharap masyarakat dan perangkat desa bisa mengelola potensi pariwisatanya sendiri, utamanya potensi wisata sejarah.

Misalnya, di Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso. Sejumlah warga menemukan benda-benda kuno yang tertimbun tanah.

Selain itu, di Desa Alas Sumur terdapat peninggalan Zaman Megalitikum.

Dengan adanya temuan itu, pihak desa bersama masyarakat bisa membuat museum mini yang tentunya di bawah pengawasan Dindikbud Bondowoso.

"Karena potensi yang bagus berasal dari desa. Saya berharap pihak desa dan warga setempet bisa mengelola potensi yang ada," katanya, Rabu (16/9/2020).

Terkait pengembangan potensi wisata sejarah, lanjut Hery, pihaknya masih menunggu penelitian lebih lanjut dari BPCB Jatim.

"Kalau perlu dikembangkan, kami siap mengembangkan," ujarnya.

Ia menyebutkan, sedangkan untuk proses ekskavasi di lokasi temuan baru, yakni sumur milik Abdul Ghani warga Alas Sumur, pihaknya juga masih menunggu arahan dari BPCB Jatim.

"Kami lihat terlebih dahulu, apa menarik untuk dikembangkan atau tidak," terangnya.

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan proses ekskavasi tak bisa dilakukan. Sebab, lokasi temuan benda kuno berada dekat dengan pemukiman warga.

"Yang saya inginkan masyarakat jika menemukan benda kuno menginformasikan ke pihak Disdikbud Bondowoso serta lebih peduli. Kemungkinan ekskavasi bisa dilakukan apabila ada warga lain yang menemukan benda-benda kuno di area persawahan. Temuan itu bisa jadi merupakan kelanjutan atau berkesinambungan dengan temuan di sumur Abdul," pungkasnya.

Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved