Breaking News:

Di AS, Bahrain dan UEA Teken Kesepakatan Damai dengan Israel, Trump Ingin Saudi Ikuti Jejak

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Menlu Bahrain serta Uni Arab Emirat tiba di Gedung Putih

SURYA.co.id I WASHINGTON DC - Bahrain dan Uni Emirat Arab bersama dengan Israel menandatangi kesepakatan damai yang digelar di Gedung Putih, Amerika Serikat (AS).

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri Bahrain serta Uni Arab Emirat tiba di Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) pada Selasa kemarin (15/9/2020).

Melansir AFP, Presiden AS Donald Trump akan berjumpa dengan Pemimpin Israel, Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed Al Nahyan dan Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif Al Zayani sebelum upacara penandatanganan perjanjian perdamaian yang diperantarai AS.

"Hari BERSEJARAH bagi PERDAMAIAN di Timur Tengah," ujar Trump melalui Twitternya, memekikkan penyelesaian perjanjian damai itu dalam waktu dekat, sesuatu yang "tidak terpikirkan oleh siapa pun". "LEBIH BANYAK negara-negara [Arab] menyusul!" tulis pemimpin AS itu, yang berharap agar kesepakatan damai itu akan meningkatkan peluangnya pada pilpres November mendatang.

Untuk Timur Tengah, kesepakatan itu bernama "Abraham Accords" menandai perubahan yang berbeda dalam status quo yang telah berusia puluhan tahun di mana negara-negara Arab telah mencoba mempertahankan persatuan melawan Israel atas perlakuannya terhadap orang-orang Palestina yang tidak memiliki kewarganegaraan.

Acara di Gedung Putih itu menjadi pertama kalinya untuk negara-negara Arab yang menjalin hubungan dengan Israel sejak Mesir pada 1979 dan Yordania pada 1994. Ratusan orang diundang untuk hadir dan jabat tangan simbolis antara perwakilan Arab dan Netanyahu tidak dikesampingkan.

Trump berharap setelah koleganya, Arab Saudi juga mau mengikuti jejak Bahrain dan Uni Emirat Arab, yaitu membuat kesepakatan damai dengan Israel.

Editor: Suyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved