Breaking News:

Berita Pamekasan

Proteksi Tembakau Pamekasan, Truk Bermuatan Tembakau Jawa Digiring ke Polres

Personel Satpol PP Pamekasan mengamankan sebuah truk pengangkut 12 karung tembakau di akses masuk kabupaten, sebelum kemudian digiring ke polres

surya/kuswanto ferdian
Truk pengangkut tembakau Jawa diamankan di depan Kantor Satpol PP Pamekasan, Senin (14/9/2020) malam. 

SURYA.CO.ID, PAMEKASAN - Razia penegakkan peraturan daerah (perda) untuk memproteksi tembakau Pamekasan, Senin (14/9/2020) malam, mulai menjadi kendala bagi truk-truk pengangkut tembakau dari Jawa.

Personel Satpol PP Pamekasan mengamankan sebuah truk pengangkut 12 karung tembakau di akses masuk kabupaten, sebelum kemudian digiring ke Polres Pamekasan.

Pengamanan truk dari Bojonegoro itu dilakukan petugas pukul 22.00 WIB di Jalan Raya Ambat, Kecamatan Tlanakan. Tembakau kering dalam belasan karung itu berasal dari Paiton, Probolinggo dan akan dibawa ke salah satu gudang di Kecamatan Larangan.

Truk bernomor polisi S 9627 itu dikemudikan Parwoto (39), warga Bojonegoro. Dari keterangan yang didapatkan petugas, sopir itu mengaku mengangkut tembakau kering dari Bojonegoro untukdibawa ke salah satu pabrik rokok di Kecamatan Larangan.

Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Pamekasan, Ainurrahman mengatakan, penghalauan kendaraan yang mengangkut tembakau Jawa ini mengacu Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang tata niaga, budidaya dan perlindungan tembakau Madura.

Menurutnya, tembakau Jawa tidak diperbolehkan dijual, dicampur dan diproduksi dengan tembakau di Pamekasan. Saat ini truk sudah diserahkan ke polres Pamekasan untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

"Saat dibawa ke Polres Pamekasan yang nyetir sopirnya sendiri, tetapi kami kawal karena kalau tidak dikawal bisa kabur," kata Ainur kepada TribunMadura.com, Selasa (15/9/2020).

Ainur juga membeberkan, saat diinterogasi, sopir mengakui diperintahkan membawa tembakau itu ke salah satu pabrik rokok di Pamekasan. "Nanti polres yang akan memproses lebih lanjut," tutupnya. ***

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Deddy Humana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved