Breaking News:

Berita Bangkalan

Kasek Swasta di Bangkalan Resah karena Oknum LSM, Komisi E DPRD Jatim Soroti Kebijakan Dana BOS

Anggota Komisi E DPRD Jatim Fraksi Keadilan Bintang Nurani, Mathur Husyairi menyoroti kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Swasta Kabupaten Bangkalan, H Mubari Ar Rahman (kiri) ketika menyampaikan keluh kesahnya dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat - Reses II Tahun 2020 Anggota DPRD Jatim Mathur Husyari di PGRI 2 Bangkalan, Selasa (15/9/2020). 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Anggota Komisi E DPRD Jatim Fraksi Keadilan Bintang Nurani, Mathur Husyairi menyoroti kebijakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hal itu disampaikan Mathur setelah mendengar keluhan para kepala SMA swasta se Kabupaten Bangkalan dalam Penyerapan Aspirasi Masyarakat - Reses II Tahun 2020 Anggota DPRD Jatim di PGRI 2 Bangkalan, Selasa (15/9/2020).

"Harapan saya kepada Pak Menteri (Menteri Pendidikan) yang muda dan cerdas, kaji ulang juknis (petuntuk teknis) dana BOS. Dibuat lebih sederhana," ungkapnya.

Juknis dana BOS yang berlaku saat ini dinilai politisi Partai Bulan Bintang itu sangat ketat dan menyengsarakan kepala sekolah.

"Terpenting pembuatan RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) dan pemanfaatannya sudah benar, sesuai kebutuhan yang ada," jelasnya.

Mathur memaparkan, kenyataan yang ada saat ini sebagian para Kepala SMA swasta di Bangkalan terpaksa berperilaku menyimpang.

Hal itu dikarenakan honornya dibatasi sebesar 20 persen dari jumlah dana BOS.

Akhirnya, lanjut pria asal Kabupaten Bangkalan itu, sebagian besar kepala sekolah membuat laporan pertanggung jawaban tidak benar.

"Ngakal-ngakali SPJ. Beli ini beli itu, tetapi uangnya dibuat bayar honor guru. Karena honornya dibatasi hanya 20 persen," paparnya.

Mathur menyebut, kondisi seperti itu kemudian membuat para kepala sekolah merasa resah dan ketakutan.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved