Breaking News:

Berita Jember

Berkat Kartu Tani, Petani di Jember Bisa Mengakses Kredit ke Perbankan

Petani yang saat ini menanam jagung itu mengaku mendapatkan tambahan modal sebesar Rp 3 juta dari Bank BNI dengan fasilitas Kartu Tani.

surya/sri wahyunik
Proses pembagian kartu tani di Kecamatan Sumbersari, Pakusari, dan Balung. Selasa (15/9/2020). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Penerima Kartu Tani mengaku mendapatkan kemudahan dalam mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena memiliki Kartu Tani. Wahyudi, petani asal Kecamatan Gumukmas mengakui mendapatkan kemudahan ketika mengajukan KUR karena mengantongi Kartu Tani.

Petani yang saat ini menanam jagung itu mengaku mendapatkan tambahan modal sebesar Rp 3 juta dari Bank BNI dengan fasilitas Kartu Tani.

“Tambahan modal itu bisa digunakan untuk membeli bibit, pupuk, serta obat hama,” ujar Wahyudi, Selasa (15/9/2020).

Untuk pengurusannya KUR, kata Wahyudi, juga sangat mudah. Yaitu dimulai dengan pengajuan ke bank, survei lahan, langsung cair. "Dan semua gratis, tidak ada biaya biaya lain,” tuturnya.

Soal angsuran, Wahyudi tidak terlalu khawatir. Ada dua pilihan cara mengangsur, yakni pasca panen atau setiap bulan. “Alhamdulillah, sangat membantu untuk usaha pertanian saya. Cicilannya nanti bisa pascapanen atau per bulan,” katanya.

Kartu Tani merupakan kartu yang diterbitkan oleh pemerintah untuk didistribusikan kepada petani penerima di seluruh Indonesia. Selama beberapa pekan terakhir, distribusi Kartu Tani untuk petani Jember sudah dilakukan.

Bupati Jember, Faida dan Wakil Bupati, Abdul Muqit Arief ikut mendistribusikan Kartu Tani di sejumlah desa dan kecamatan. Secara bergiliran, Kartu Tani dibagikan ke kecamatan berbeda.

Bupati Faida ketika menyalurkan Kartu Tani menegaskan, Kartu Tani bisa dipakai untuk mengakses bantuan modal dari perbankan.

“Selain untuk mendapatkan pupuk bersubsidi, Kartu Tani juga bisa digunakan untuk mengajukan KUR. Tujuannya membantu petani membiayai usaha petani,” ujar Faida, Selasa (15/9/2020).

Dana yang diperoleh dari KUR itu digunakan untuk membeli pupuk, bibit, membeli alat-alat pertanian, sewa lahan. “Dan apapun yang berhubungan untuk memperlancar usaha petani,” tegasnya.

Ada 30.000 petani di Jember yang mendapatkan Kartu Tani. Kartu Tani sudah didistribusikan untuk petani di Kecamatan Sukowono, Kalisat, Mayang, Silo, Bangsalsari, Umbulsari, Rambipuji, Gumukmas, juga Pakusari, Sumbersari, dan Balung. ***

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved