Breaking News:

Pilkada Surabaya 2020

KPU Umumkan Hasil Verifikasi Administrasi, Eri-Armuji Harus Perbaiki 10 Dokumen Syarat Calon

Eri Cahyadi - Armuji harus memperbaiki 10 dokumen syarat calon setelah KPU Surabaya mengumumkan hasil verifikasi administrasi mereka.

surya.co.id/ahmad zaimul haq
Calon Wali Kota Surabaya dan Calon Wakil Wali Kota Surabaya (Cawali dan Cawawali), Eri Cahyadi dan Armuji (Cak Dji) yang diusung PDI P untuk Pilkada 2020 

SURYA.co.id, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengumumkan hasil verifikasi administrasi Eri Cahyadi dan Armuji, Senin (14/9/2020).

Hasilnya, ada sepuluh dokumen syarat calon yang harus diperbaiki oleh Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang diusung PDI Perjuangan ini.

Selain proses verifikasi, KPU juga telah melakukan klarifikasi terhadap pengadilan, lembaga pendidikan (tempat bapaslon menuntut ilmu), hingga Polrestabes (terkait pengurusan SKCK).

"Hasilnya, ada beberapa berkas yang harus disempurnakan. Hal itu kami umumkan hari ini," kata Komisioner KPU Surabaya, Soeprayitno ketika dikonfirmasi seusai acara, Senin (14/9/2020).

Ada empat berkas yang harus diperbaiki Eri Cahyadi. Di antaranya adalah tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hingga Surat Pengajuan Pengunduran Diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sedangkan untuk Armuji ada enam syarat calon yang juga harus diperbaiki. Yakni, Tanda Terima Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan selama lima tahun terakhir hingga surat pengajuan pengunduran diri dari DPRD Jawa Timur.

Eri maupun Armuji juga sama-sama belum menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian dari masing-masing instansi.

"Khusus untuk SK Pemberhentian dari masing-masing instansi memang bisa diserahkan paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara (9 November 2020)," terang Soeprayitno.

Sebelum akhirnya mencalonkan diri dalam pilkada, Eri merupakan pejabat negara sekaligus ASN di lingkungan Pemkot Surabaya. Jabatan terakhir Eri adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Sedangkan Armuji saat ini masih terdaftar Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jatim. Mantan Ketua DPRD Surabaya ini terpilih sebagai legislator dari dapil Jatim 1 (Surabaya).

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved