Breaking News:

Pilwali Surabaya 2020

DPS di Pilwali Surabaya 2020 Mencapai 2 Juta Lebih, Naik 50 Ribuan Dibanding Lima Tahun Lalu

KPU Kota Surabaya telah menggelar rapat pleno dan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) di Pilwali Surabaya 2020

SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Naafilah Astri Swarist. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - KPU Kota Surabaya telah menggelar rapat pleno dan menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) di Pilwali Surabaya 2020.

DPS di Pilkada tahun ini diketahui sebesar 2.092.926.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Naafilah Astri Swarist merinci jumlah tersebut terdiri dari 1.018.340 laki-laki dan 1.074.586 perempuan.

"Tersebar di 31 kecamatan, 154 kelurahan dan 5184 TPS," ujar Naafilah saat dikonfirmasi, Senin (14/9/2020).

Itu disebut memang masih sementara. Namun, jumlah tersebut diketahui meningkat jika dibandingkan dengan pilkada di Surabaya pada 2015. Di mana DPT pada lima tahun lalu itu berjumlah 2.034.315 atau naik sekitar 58.611.

Tahapan selanjutnya, menurut Naafilah, mulai hari ini hingga empat hari ke depan, pihaknya akan menyerahkan salinan DPS itu, kepada PPS melalui PPK.

"DPS ini nanti yang sudah berbintang delapan, jadi sudah dienkripsi untuk NIK dan NKK itu akan ditempel di tempat strategis, seperti kelurahan, kecamatan, Balai RT/RW,"

Nantinya hal itu bisa dicermati bersama oleh warga Surabaya. Sudah terdaftar atau belum.

Apalagi, dalam waktu dekat akan juga memasang spanduk berisi informasi kepada warga yang belum terdaftar untuk segera melapor pada PPS.

"Tanggal 19 sampai 28 DPS, itu ditempel selama sepuluh hari, setelah itu akan ada namanya DPS-HP jadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan," ujarnya.

"Itu mekanismenya sama seperti kemarin, jadi nanti akan direkap lagi mulai tingkat kelurahan, kecamatan sampai ditetapkan menjadi DPT pada bulan Oktober," tandas Naafilah.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved