Breaking News:

Bertemu KPU dan Bawaslu, Ketua DPD RI La Nyalla Ingatkan Antisipasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Nyalla menyampaikan laporan terhadap banyaknya pelanggaran protokol kesehatan. Termasuk, potensi penurunan kualitas demokrasi di pilkada

ist
Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (kanan) bersama Pimpinan DPD RI bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu RI, Senin (14/9/2020).  

SURYA.co.id, SURABAYA - Pimpinan DPD RI bertemu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu RI, Senin (14/9/2020) di DPD RI.

Dalam pertemuan ini, DPD RI mengingatkan terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang rencana digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan bahwa DPD RI memahami keinginan pemerintah untuk tetap melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Hal ini disampaikan sejak Sidang Paripurna bulan Juni silam.

Namun, DPD RI juga mencatat keberatan melalui Komite I DPD RI. "Semua catatan tersebut ada di Komite I," kata Nyalla dikutip dari rilis yang diterima Surya.co.id, di hari yang sama.

Hal itu disampaikan Nyalla di hadapan Ketua KPU RI Arif Budiman dan Ketua Bawaslu RI Abhan. Di sisi lain, Nyalla didampingi Ketua Komite I Fachrul Razi.

Nyalla menyampaikan laporan terhadap banyaknya pelanggaran protokol kesehatan. Termasuk, potensi penurunan kualitas demokrasi.

Mengingat, adanya praktek kecurangan dengan pemanfaatan situasi wabah Covid-19 oleh sejumlah calon, khususnya calon dari kalangan Petahana. Ia berharap, Bawaslu sebagai garda terdepan yang menjamin kualitas pilkada.

Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi menegaskan bahwa opsi penundaan Pilkada sebagai sikap lembaganya. Mengingat beberapa temuan dan ancaman masalah.

Terutama potensi Pilkada sebagai klaster massal penyebaran Covid-19. "Sebenarnya, ada peluang untuk menunda tahapan pilkada,” urai Senator asal Aceh ini.

Ditambahkan Fachrul, Komite I juga telah menggelar rapat konsultasi dengan Polri dan Kejaksaan Agung. Pihaknya memastikan kedua institusi tersebut mendukung penuh kerja Bawaslu RI dalam melakukan pengawasan dan penindakan pelanggaran tahapan Pilkada.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved