Breaking News:

Berita Malang

Revovery Rate Tinggi, Pemkab Malang Pede Tak Terapkan PSBB

Karena ritme yang stabil tersebut, Wahyu menyatakan wilayah Kabupaten Malang merupakan zona orange penularan Covid-19

SURYA.CO.ID, MALANG - Penerapan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang menjadi pilihan agar penularan Covid-10 tidak semakin mengganas, belum menjadi opsi Pemkab Malang. Pemkab percaya diri tingkat kesembuhan atau recovery rate pasien Covid-19 lebih tinggi daripada kenaikan kasus.

Data Satgas Covid-19 menunjukkan, jumlah pasien Corona yang sembuh mencapai 705 orang.

"Jadi antara yang positif dan sembuh, sudah di atas 70 persen. Selama dua minggu terakhir ini stabil," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat ketika dikonfirmasi, Minggu (13/9/2020).

Wahyu menambahkan, ritme penularan Covid-19 di Kabupaten Malang saat ini ia sebut tidak tinggi. "Selama dua pekan kita cenderung stabil. Kenaikannya di bawah 10 orang. Yang sembuh di atas yang positif," ujar Wahyu.

Karena ritme yang stabil tersebut, Wahyu menyatakan wilayah Kabupaten Malang merupakan zona orange penularan Covid-19. "Masih melihat grafiknya. Jadi masih belum PSBB. Karena orange, jadi belum (PSBB)," beber Wahyu

Guna mencegah penularan Covid-19, Wahyu menyebut ada cara yang akan dilakukan terus-menerus yaitu menegakkan protokol kesehatan.

Wahyu menuturkan, kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 seperti RSUD Kanjuruhan kini masih bisa menerima perawatan pasien. "Di Kabupaten Malang, RSUD Kanjuruhan masih tersedia," jelas Wahyu.

Namun ia merasa ragu jika melihat kapasitas rumah sakit yang lain karena sudah mulai penuh. Namun bermodal rasa optimis, Wahyu berharap kondisi di Kabupaten Malang tetap sehat.

"Optimistis, karena kami ada beberapa safe house untuk isolasi mandiri," tutupnya. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved