Breaking News:

Berita Malang Raya

PMI Kota Batu Kerjasama Dengan PMI Kabupaten Malang, Pelayanan Donor Darah Bisa Dilakukan Tiap Hari

PMI Kota Batu bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang menghadirkan unit donor darah (UDD) agar donor darah dapat tiap hari dilakukan

ist/punjul santoso
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso (kiri) saat menghadiri rapat kerjasama dengan PMI Kabupaten Malang beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | KOTA BATU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang menghadirkan unit donor darah (UDD).

PMI Kota Batu selama ini belum memiliki UDD sehingga pelayanan donor darah tidak dapat dilakukan setiap hari.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan, kerjasama dengan PMI Kabupaten Malang sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik dan kesehatan. Perwakilan dari PMI Kabupaten Malang dihadiri oleh drg Mahendra Jaya yang menjabat sebagai Wakil PMI Kabupaten Malang.

“Beberapa waktu lalu PMI Kota Batu memang melakukan perjanjian kerjasama dengan PMI Kabupaten Malang. Kerjasama untuk bantuan alat penyelenggaraan donor dan pengolahan darah,” ujarnya, Minggu (13/9/2020).

Ia mengungkapkan kerja sama berupa bantuan alat penyelenggaraan donor dan pengolahan darah nantinya bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Batu untuk melakukan donor. Sehingga, masyarakat Kota Batu tidak perlu ke Kabupaten Malang untuk mendapatkan darah.

Dengan adanya kerjasama ini, untuk sementara waktu Kota Batu bisa memiliki stok darah. Untuk menghadirkan alat UDD, membutuhkan biaya sekitar Rp 2 Miliar. Sementara, ada sekitar 150 orang pendonor per bulan di Kota Batu.

“Namun kedepannya tetap akan kami upayakan memiliki fasilitas melalui Dinkes Kota Batu. Tentu saja sesuai peraturan yang ada,” ujar Punjul yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kota Batu.

Kepala Markas PMI Kota Batu, Abdul Mutholib mengatakan pihaknya saat ini tengah menunggu datangnya peralatan UDD dari PMI Kabupaten Malang. Ia juga telah menyiapkan penataan ruangan untuk menempatkan alat.

“Kalau sudah datang, harapannya nanti kami akan melakukan pelayanan setiap hari. Jadi siapapun yang ingin mendonor dan membutuhkan darah maka bisa langsung ke PMI Kota Batu,” paparnya.

Ia juga menginginkan kedepannya dengan adanya UDD ini maka PMI Kota Batu bisa kerja semakin maksimal. Apalagi saat kondisi pandemi seperti saat ini, pelayanan kesehatan sangat diutamakan. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved