Breaking News:

Berita Malang Raya

Musim Pandemi, Waspadai Kejahatan Penipuan Online

Laporan tindak pidana berupa penipuan online mendominasi di Polres Batu sepanjang pandemi Covid-19 saat ini. Warga diminta waspada

ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | KOTA BATU –  Laporan tindak pidana berupa penipuan online mendominasi di Polres Batu sepanjang pandemi Covid-19 saat ini.

Selama Maret hingga Juni, ada 69 laporan kepolisian dan 141 pengaduan kasus penipuan online. Pada Juli dan Agustus terdapat 24 laporan polisi dan 65 pengaduan.

Kasatreskrim Polres Batu, AKP Jeifson Sitorus menyebut, salah satu bentuk laporan penipuan online yang diterima seperti kiriman SMS berhadiah.

Meskipun itu modus lama, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang menjadi korban. Sehingga ia mengimbau agar warga tidak mudah percaya informasi yang diterima. Masyarakat diminta cerdas menyaring setiap informasi yang diterima, terutama pada iming-iming uang atau hadiah.

"Ditelusuri dulu apalagi terkait undian berhadiah. Jangan langsung percaya begitu saja karena iming-iming hadiah uang. Ini yang perlu diperhatikan," imbuhnya.

Di sisi lain, kasus narkoba masih membelenggu Kota Batu. Penyalahgunaan barang ilegal itu masih didominasi anak-anak muda rentang usia 18-30 tahun. Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama menambahkan, selain penipuan online dan narkoba, aksi curanmor di Kota Batu juga diwaspadai.

"Bulan Agustus lalu di masing-masing kasus itu terdapat satu hingga dua kasus saja. Angkanya tidak terlalu signifikan dibandingkan Juli lalu," kata Harviadhi.

Harvi juga mengimbau agar warga ikut menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan di Kota Batu agar angka kriminalitas bisa semakin ditekan. Dengan rendahnya angka kriminalitas, maka akan tercipta masyarakat yang produktif.

"Mari bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan di Kota Batu karena peran besarnya ada di warga itu sendiri," pungkasnya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved