Breaking News:

Berita Malang

50 Blank Spot di Malang Selatan Jadi Tantangan Program Internet Gratis

Sejatinya ada jaringan internet di Malang Selatan menggunakan satelit pemancar BTS (Base Transceiver Station)

surya/erwin wicaksono
Ilustrasi pemandangan alam di Pantai Bajulmati, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang termasuk kawasan yang sulit tersentuh sinyal. 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada vakumnya kegiatan belajar mengajar (KBM) langsung di sekolah. Karena kemudian KBM menjadi daring, Pemkab Malang sempat memberi solusi dengan rencana memberikan bantuan kuota internet untuk para siswa.

Namun rencana itu berbenturan dengan wilayah Kabupaten Malang yang punya topografi yang beragam. Seperti Malang Selatan yang berbukit-bukit sehingga sulit terjangkau sinyal.

"Telah kami petakan ada sebanyak 50 blank spot, di sekitar 50 desa," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz ketika dikonfirmasi, Minggu (13/9/2020).

Meski ada 50 desa, Anis menuturkan, jumlah tersebut tidak mencakup 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Tetapi hanya mencakup wilayah Malang Selatan.

"Yang menjadi blank spot didominasi Malang Selatan. Seperti Ampelgading, terus Bantur. Jika daerah datar-datar nggak lah. Biasanya lembah dan cekungan," tutur Aniswaty.

Guna menyelesaikan kendala tersebut, Diskominfo telah menjalin komunikasi dengan provider komunikasi. "Di daerah itu banyak pelanggan Telkom yang juga provider telkomsel. Namun supply dan demand-nya harus jelas, warga pasti mau semua," tutur Aniswaty.

Sejatinya telah ada jaringan internet di Malang Selatan, seperti halnya Pantai Ungapan. Akses jaringan internet di wilayah tersebut menggunakan satelit pemancar BTS (Base Transceiver Station).

"Di sana ada satelit BTS (Base Transceiver Station). Sehingga Ungapan bisa ada akses internet," ujar Anis. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved