Breaking News:

Kesehatan

Pentingnya Mengatur Pola Makan Anak dari Dokter RS Darmo Surabaya, 'Fokus Sejak Pertama Kali Makan'

Pola makan yang teratur sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Itulah inti dari webinar yang digelar RS Darmo dengan Tribun Network

surya.co.id/saiful solichudin
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pola makan yang teratur sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Hal ini disampaikan oleh dokter konsultan tumbuh kembang anak RS Darmo Surabaya, dr Mira Irmawati SpA(K), saat webinar bersama Tribun Jatim dan Harian Surya, Jumat (11/9/2020).

"Salah satu hal penting untuk pertumbuhan dan perkembangan ialah pemberian nutrisi. Hal ini berkaitan dengan pola makan," ungkapnya.

Artinya, dr Mira melanjutkan, penting untuk membiasakan makan secara tepat dan teratur mulai dari jadwal, jenis, jumlah, dan cara pemberiannya.

"Sehingga nutrisi yang kita berikan ke anak-anak seimbang dan bisa mengoptimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak," tambahnya.

Sayanganya, masih banyak orangtua terutama ayah dan ibu muda masih kesulitan mengatur pola makan anak. Pasalnya, tak semua anak mau makan dengan pola yang baik dan benar.

Untuk hal ini, kunci utamanya yakni saat pengalaman makan pertama anak. Orangtua harus membiasakan meluangkan waktu secara optimal saat makan.

"Sama seperti mengajarkan anak tengkurap, duduk, jalan, dan sebagainya, makan juga merupakan kemampuan yang tidak datang tiba-tiba. Harus diajarkan," katanya.

Saat mengajak anak makan, orangtua harus fokus dalam kegiatan tersebut. Sebaiknya jangan dilakukan bersamaan kegiatan lain seperti nonton TV, bermain ponsel, dan sebagainya.

"Sediakan waktu luang. Lihat ekspresi mereka, bagaimana mulutnya, bagaimana mereka mengenali makanan yang diberikan," katanya.

Hal ini pun harus dilakukan secara konsisten untuk membiasakan pola makan yang baik bagi anak.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved