Breaking News:

Berita Malang Raya

Pemadam Kebakaran Kota Batu Akan Rekrut Relawan di Tiap Desa dan Kelurahan

Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Batu bakal membentuk relawan di tiap desa dan kelurahan agar pencegahan kebakaran bisa lebih cepat dan tepat

surabaya.tribunnews.com/benni indo
Petugas dinas pemadam kebakaran kota Batu melakukan praktik pemadaman api dalam kegiatan pengasahan skill petugas PMK di halaman selatan Stadion Brantas, Jumat (11/9/2020). 

SURYA.co.id | KOTA BATU  - Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Kota Batu bakal membentuk relawan di tiap desa dan kelurahan. Rencana itu dicanangkan agar pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Kota Batu bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Kepala DPK Kota Batu, Himpun mengatakan nanti di tiap desa dan kelurahan minimal ada lima relawan yang diberi wawasan dan pelatihan mandiri oleh DPK. Mereka akan mendapatkan pengetahuan soal teknik pemadaman api. Mereka juga akan membagikan pengalamannya kepada masyarakat sekitar.

"Nanti akan kami latih mereka secara mandiri agar memiliki pengetahuan tentang pencegahan, pemetaan, dan pemadaman kebakaran. Keinginan kami, relawan bisa bertibdak lebih awal ketika petugas belum tiba di lokasi," ungkap Himpun, Jumat (11/9/2020) saat menghadiri acara pemantapan skill petugas PMK di halaman selatan Stadion Brantas.

Alasan pembentukan relawan juga sebagai solusi kurangnya personil yang ada di DPK. Sejauh ini DPK hanya memiliki 3 regu yang bertugasnya secara bergantian tiap 24 jam. Dalam regu terdiri atas delapan personil. idealnya harus ada 15 personil tiap regu dengan tugas dan fungsi sendiri-sendiri.

"Bukan hanya personil, DPK Kota Batu juga kekurangan alat pelindung diri (APD) misal baju tahan api dan sebagainya. Ini yang menjadi kekhawatiran DPK jika sewaktu-waktu ada kebakaran hebat," katanya.

Mantan Kepala Dinas PUPR itu menjelaskan pembangunan di Kota Batu sangat pesat saat ini. Sehingga memunculkan potensi kerawanan kebakaran di titik-titik tertentu.
Saat ini yang bisa dilakukan DPK hanya pematangan skill dan memaksimalkan alat pemadam sederhana yang ada.

"Fungsinya untuk mengenali dan menjaga petugas sendiri ketika bertugas memadamkan kebakaran, menentukan media yang cocok untuk memadamkan api, dan menentukan teknik strategi upaya pemadaman serta sistem memadamkan," pungkasnya. 

Penulis: Benni Indo
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved