Breaking News:

Berita Surabaya

Mahasiswa UK Petra Gelar Spellbound Podcast Storytelling Untuk Murid SD Belajar Bahasa Inggris

Setiap Jumat selama bulan September 2020, mereka menghadirkan Pengabdian Masyarakat (AbdiMas) berupa SPELLBOUND (storytelling podcast for children)

surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Reychioke Valdeanno Adhitama siswa Grade 5 Ambasador School Terlihat Antusias mendengarkan cerita-cerita bahasa Inggris "Spellbound" hasil buatan dari Mahasiswa dan alumni Program English for Creative Industry (ECI) Universitas Kristen (UK) Petra, Jumat (11/9/2020). (SURYA/HABIBUR ROHMAN). 

SURYA.co.id  | SURABAYA - Mahasiswa dan alumni Program English for Creative Industry (ECI) Universitas Kristen (UK) Petra membangun platform untuk media edukasi.

Setiap Jumat selama bulan September 2020, mereka menghadirkan Pengabdian Masyarakat (AbdiMas) berupa SPELLBOUND (storytelling podcast for children) secara daring.

Dosen ECI sekaligus ketua proyek Abdimas, Meilinda, M.A., mengungkapkan gagasan ini muncul terinspirasi saat melihat kondisi pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19.

"Kami ingin melakukan sesuatu yang bisa membantu para guru SD memberikan pelajaran Bahasa Inggris dengan cara membuat cerita-cerita bahasa Inggris yang menghibur namun mengena, bisa diakses oleh siswa di manapun ia berada dan kapanpun," kata Meilinda kepada SURYA.co.id, Jumat (11/9/2020).

Sembilan mahasiswa ECI dari kelas Writing for Children's Literature berhasil membuat 10 cerita anak berbahasa Inggris. Cerita-cerita ini yang kemudian diubah menjadi versi story-telling oleh 20 anggota Petra Little Theatre (PLT) milik ECI. Para anggota ini merangkap sebagai tim produksi sekaligus aktor dalam proyek Abdimas ini.

Marketing Manager PLT, Jessie Monika menjelaskan di minggu pertama dan keempat akan mengunggah 3 cerita sedangkan pada minggu kedua dan ketiga akan mengunggah dua cerita.

"Akan ditayangkan di Spotify, Youtube, dan Google Podcast, dan sudah dimulai sejak 4 September 2020, sekarang sudah masuk Minggu kedua," terang Jessie.

Terdapat dua tema utama mewarnai podcast tersebut yaitu proses mengenal diri sendiri dan kemampuan menerima perbedaan.

"Melalui dua tema ini, cerita-cerita ini diharapkan bisa membantu anak dalam mengembangkan diri dan bertoleransi di dalam kehidupan sosialnya," ungkapnya.

Sementara itu di lain pihak, Reychioke Valdeanno Adhitama siswa grade 5 ambasador school terlihat antusias mendengarkan cerita-cerita yang terdapat pada Spellbound.

"Menghibur sekali, lucu ceritanya, jadi pengen denger cerita yang lainnya," ungkap anak 10 tahun ini.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved