Breaking News:

Berita Bisnis

GoPay Ajak Pengguna Aktifkan Fitur Biometrik untuk Melindungi Transaksi Non Tunai

Pemanfaatan teknologi di Indonesia yang masif harus dibarengi dengan penguatan literasi digital pengguna.

Foto Istimewa
GoPay mengajak penggunanya agar mengaktifkan fitur biometrik untuk melindungi transaksi. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Layanan uang elektronik bagian dari Gojek yakni Gopay terus berkomitmen menunjang keamanan pengguna dalam bertransaksi non-tunai.

Komitmen tersebut diwujudkan, dengan mengajak pengguna mengaktifkan fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah guna memverifikasi transaksi non-tunai di luar layanan Gojek.

"Fitur biometrik berupa sidik jari dan verifikasi wajah guna memverifikasi transaksi non-tunai adalah bagian dari Gojek SHIELD, yang merupakan rangkaian teknologi keamanan pada aplikasi Gojek yang komprehensif," kata Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata., Jumat (11/9/2020).

Menurutnya, pemanfaatan teknologi di Indonesia yang masif harus dibarengi dengan penguatan literasi digital pengguna.

"Berdasarkan laporan Centre of Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) berjudul “Kajian Peningkatan Kompetensi Keamanan Digital Indonesia,” masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi digital yang rendah, terutama dalam hal keamanan digital sehingga mereka kerap lengah dan berpotensi menjadi korban penipuan," ungkapnya.

Atas dasar itu pula, maka Gojek meluncurkan #AmanBersamaGojek yang terus mengimbau publik untuk menjaga keamanan selama beraktivitas di jagat digital, termasuk dalam transaksi non-tunai.

Seperti melalui Gopay, yang memanfaatkan fitur identitas biometrik atau karakteristik fisiologis untuk masing-masing pengguna berupa sidik jari atau wajah, maka keamanan transaksi pun juga meningkat.

"Adapun saat ini sendiri fitur sidik jari telah tersedia di seluruh pengguna smartphone Android dan iOS, dan fitur verifikasi wajah mulai tersedia di platform iOS," tandasnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved