Breaking News:

Berita Malang

Polisi Siapkan Sanksi Kalau Massa Cabup Malang Abaikan Protokol Kesehatan

Jika ada yang melanggar, Hendri menegaskan akan ada tindakan tegas. Ia tidak merinci seperti apa sanksi itu tetapi ada beberapa tingkatan.

surya/erwin wicaksono
Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar menginspeksi jajarannya dalam kampanye pemberian masker di Stadion Kanjuruhan dan Pasar Kepanjen, Kamis (10/9/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Kapolres Malang AKBP Hendri Umar meminta dua bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malang bertindak bijak menyikapi pandemi Covid-19 Untuk itu, komitmen keduanya terapkan protokol kesehatan saat Pilkada Malang 2020 dinilai penting.

Pasangan calon (paslon) Muhammad Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) dan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (Ladub) diketahui punya basis massa cukup besar.

Sehingga kapolres menegaskan kepada dua paslon itu bahwa penerapan protokol kesehatan adalah hal wajib.

"Dari penetapan paslon, pengundian nomor urut, kampanye, masa tenang, pemungutan suara, hingga pelantikan harus kami pastikan kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan," beber Hendri saat kampanye masker di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kamis (10/9/2020).

Jika ada yang melanggar, Hendri menegaskan akanada tindakan tegas. Ia tidak merinci seperti apa sanksi itu tetapi ada beberapa tingkatan. "Kami koordinasikan dengan pihak penyelenggara dan TNI, Bawaslu. Sehingga diambil tindakan-tindakan tegas," jelas Hendri.

"Kami berikan eskalasi sekadar peringatan awal. Jika tidak diindahkan, ada peringatan kedua. Nanti ada upaya pembubaran kalau memang tidak bisa diingatkan berkali-kali," ucap Hendri.

Sehari sebelumnya, kapolres juga menginspeksi personel Operasi Mantap Praja Semeru di Polres Malang, Rabu (9/9/2020). Dalam kegiatan itu kapolres mengingatkan bahwa tantangan pada Pilkada Malang 2020 tidak biasa.

"Bukan hanya money politics (politik uang) dan pelanggaran lainnya. Namun kerawanan yang perlu kita antisipasi juga penyebaran Covid-19," ujar Hendri.

Untuk itu, Hendri berpesan kepada seluruh anggota Polres Malang menjaga kesehatan. "Kita semua harus memperhatikan kesehatan. Terutama dalam pelaksanaan tugas berat pengamanan Pilkada," pesan pria asal Solok Sumatera Barat itu.

Terakhir, Hendri menyatakan netralitas Polri adalah hal yang wajib. "Personel Polri harus netral dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini," tegas Hendri. ***

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Deddy Humana
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved