Breaking News:

Pilbup Tuban 2020

Penyebab KPU Tuban Tunda Pleno Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS)

KPU Tuban batal Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Parmin
surya.co.id/m sudarsono
Pleno DPHP dan DPS ditunda, KPU Tuban alihkan rakor libatkan 20 PPK di salah satu resto, Kamis (10/9/2020). 

SURYA.co.id | TUBAN - Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada serentak 2020, batal dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kamis (10/9/2020). 

Pleno yang sedianya untuk penetapan DPHP dan DPS akhirnya diganti dengan rakor melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK). 

Ditundanya pleno oleh KPU karena mendapatkan surat saran perbaikan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengatakan, rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS mendadak ditunda setelah Bawaslu memberi surat rekomendasi perbaikan. 

Meski ditunda, dia menyatakan untuk rapat pleno waktunya masih panjang mulai 5-14 Desember, sehingga KPU masih ada waktu 4 hari kedepan untuk penetapan. 

"Harusnya hari ini, tapi karena ada surat perbaikan dari Bawaslu akhirnya kita tunda. Kita alihkan dengan kegiatan rakor melibatkan 20 kecamatan," terang Fatkul. 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban Sullamul Hadi menyampaikan, surat saran perbaikan dengan Nomor: 146/KJI-25/PM.00.02/IX/2020 ini dikirimkan berdasarkan hasil evaluasi dan pengawasan di tingkat PPS maupun PPK.

Ada beberapa hal yang menjadi kewajiban PPK yang disebutkan dalam PKPU dan ini secara teknis harus dilaksanakan oleh jajaran KPU. 

Jika saran perbaikan dari Bawaslu itu tidak dilaksanakan, maka saran perbaikan akan ditingkatkan menjadi sebuah temuan.

Sehingga pihaknya memberikan saran kepada KPU agar rapat pleno ditunda, Bawaslu saat ini juga masih melakukan proses penanganan pelanggaran. 

"Rekapitulasi DPHP dan pleno DPS KPU Tuban agar ditunda dulu hingga Bawaslu Kabupaten Tuban selesai melakukan penanganan pelanggaran. KPU sendiri juga masih mempunyai waktu rapat pleno hingga tanggal 14 Desember," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved