Pilkada 2020

Pasangan Calon Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Jatim Jalani Swab Test Hari Ini

Swab test hanya dilakukan hari ini, sedangkan pada Selasa (8/9/2020) dan Rabu (9/9/2020) adalah pemeriksaan kesehatan masing-masing paslon.

surya.co.id/febrianto
Pintu Masuk Graha Amerta RSUD Dr Soetomo Kota Surabaya dijaga petugas keamanan jelang swab test calon kepala daerah kabupaten/kota di Jatim, Senin (7/9/2020). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sejumlah pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jawa Timur mengikuti swab test di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Jalan Airlangga, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Senin (7/9/2020).

Soeprayitno, Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, menuturkan, setelah masa pendaftaran bakal paslon jalur partai politik ditutup Minggu (6/9/2020) pukul 24.00 Wib, hari ini merupakan pelaksanaan swab test PCR bagi bakal pasangan calon.

"RSUD Dr Soetomo yang menjadi tempat pemeriksaan kesehatan mewajibkan swab test. Ketika menunjukkan hasil negatif, maka tim pemeriksa kesehatan baru memberikan pelayanan," ujarnya di lokasi.

Tujuannya, lanjut Soeprayitno, tim rumah sakit memastikan bapaslon benar benar negatif dari covid-19.

Swab test hanya dilakukan hari ini, sedangkan pada Selasa (8/9/2020) dan Rabu (9/9/2020) adalah pemeriksaan kesehatan masing-masing paslon.

"Untuk bapaslon wilayah Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto dilaksanakan di RSUD Dr Soetomo. Sedangkan wilayah Sumenep, Pacitan, dan sekitarnya di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan. Lalu, wilayah Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten dan Kota Blitar serta sekitarnya di Rumah Sakit Syaiful Anwar," jelasnya.

Pria yang akrab disapa sebagai Nano tersebut, menambahkan, untuk bapaslon luar Kota Surabaya diminta isolasi mandiri di hotel sekitar rumah sakit, sembari menunggu hasil swab test.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah kendaraan yang membawa pasangan calon kepala daerah mulai berdatangan.

Salah satunya pasangan cabup dan cawabup Kabupaten Mojokerto, Yoko Priyono dan Choirun Nisa.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Mojokerto, Ahmad Arif, mengatakan, selain melaksanakan swab test, besok bapaslon akan melewati rangkaian tes psikiatri, jasmani, dan narkotika.

"Ini sudah selesai dan nunggu hasilnya. Kalau keluar negatif maka lanjut besok pemeriksaan psikatri," ungkapnya.

Arif menambahkan, Pilkada Kabupaten Mojokerto diikuti oleh 3 peserta.

Yakni, Paslon Cabup dan Cawabup Yoko Priyono Choirun Nisa, Paslon Pungkasiadi Titik Masudah, serta Ikhfina dan Muhammad Al Barra.

"Pilkada tahun ini digelar di era pandemi. Jadi ada Protokol Kesehatan yang harus dipenuhi sesuai dengan PKPU 10 tahun 2020," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved