Breaking News:

KPU Gandeng Tiga Rumah Sakit untuk Tes Kesehatan Cakada Pilkada Serentak 2020 di Jatim

KPU Jatim bekerjasama dengan tiga rumah sakit pada Pilkada Serentak 2020 untuk pelaksanaan tes kesehatan bagi para calon kepala daerah

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan ketika di Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) bekerjasama dengan tiga rumah sakit pada Pilkada Serentak 2020. Kerja sama ini dilakukan untuk pelaksanaan tes kesehatan bagi para calon kepala daerah.

Ketiga Rumah Sakit tersebut di antaranya, RSUD dr Soetomo Surabaya, RSAL dr Ramelan Surabaya dan RSUD dr Saiful Anwar Malang.

Pemeriksaan ini juga akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi).

"Tiap rumah sakit akan melayani pemeriksaan kesehatan calon di 6-7 daerah hingga Jumat (11/9/2020)," kata Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (7/9/2020).

RSUD dr Soetomo misalnya, melayani pemeriksaan untuk calon yang akan maju di Surabaya, Gresik, Tuban, Lamongan, Mojokerto (kabupaten) dan Sidoarjo.

"Pemeriksaan dilakukan selama dua hari," kata Insan yang membawahi divisi teknis ini.

Selama dua hari, masing-masing calon kepala daerah akan mengikuti beberapa pemeriksaan. Di antaranya, pemeriksaan kesehatan jasmani, bebas narkotika, hingga pemeriksaan radiologi.

Untuk pemeriksaan ini, para calon akan mengikuti pengambilan sampel darah untuk pemeriksaan laboratorium. Serta, pemeriksaan jasmani terhadap organ luar maupun dalam.

Kemudian, pemeriksaan kesehatan jiwa (pskiatri) dan pemeriksaan psikologi. Metode tes ini dilakukan dengan menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) hingga menggunakan wawancara.

Tiap harinya, pemeriksaan jasmani maupun psikologi dilakukan sejak pukul 08.00 pagi hingga 19.00.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved