Breaking News:

Pilbup Kediri

Hanya Ada Calon Tunggal di Pilkada Kediri 2020, Bermunculan Posko Bumbung Kosong

Fenomena calon tunggal Pilkada Kabupaten Kediri telah mendorong munculnya Posko Bumbung Kosong di sejumlah desa Kabupaten Kediri.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Parmin
surya.co.id/didik mashudi
Salah satu posko bumbung kosong merespons fenomena calon tunggal pada Pilkada Kediri 2020. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Fenomena calon tunggal Pilkada Kabupaten Kediri telah mendorong munculnya Posko Bumbung Kosong di sejumlah desa Kabupaten Kediri.

Mendekati pilkada jumlah Posko Bumbung Kosong semakin bertambah.

Salah satu penggerak munculnya Posko Bumbung Kosong dari kalangan pegiat lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang tergabung dalam wadah Aliansi Penegak Demokrasi Kediri Djayanti (APDKD).

Khoirul Anam, salah satu tokoh APDKD mengungkapkan, berdirinya Posko Bumbung Kosong adalah konstitusional dan dilindungi ketentuan peraturan KPU. Karena munculnya calon tunggal tidak sehat untuk proses demokrasi.

"Saat ini sudah lebih dari 50 persen desa-desa telah berdiri Posko Bumbung Kosong. Paling banyak tersebar di daerah selatan Kabupaten Kediri," ungkap Khoirul Anam, Minggu (6/9/2020).

Malahan Khoirul Anam bersama dengan perwakilan APDKD berencana mendatangi Kantor KPU Kabupaten Kediri untuk berkoordinasi sebagai perwakilan kotak kosong.

"Karena kegiatan kami konstitusional kami ingin berdialog dengan KPU Kabupaten Kediri terkait dengan ketentuan peraturan KPU soal bumbung kosong," jelasnya.

Dikatakan keberadaan Posko Bumbung Kosong dimaksudkan untuk mewadahi aspirasi masyarakat.

Malahan pihaknya siap memfasilitasi pelatihan para saksi TPS yang mewakili aspirasi masyarakat yang memilih kotak kosong.

Pantauan Surya.co.id, salah satu Posko Bumbung Kosong di Desa Minggiran, Kecamatan Papar malahan sangat intens menjadi tempat berkumpul masyarakat yang bakal memilih kotak kosong saat Pilkada Kabupaten Kediri.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved